PENGARUH PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL FUNGSI KOMPOSISI PADA SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI 4 PALOPO

Yunus, Ichwan Sartika (2011) PENGARUH PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL FUNGSI KOMPOSISI PADA SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Sartika Ichwan Yunus.pdf] Text
Sartika Ichwan Yunus.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
YUNUS, ICHWAN SARTIKA. 2011. Pengaruh Penguasaan Konsep Matematika
Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal – soal Fungsi Komposisi Pada
Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 4 Palopo. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Matematika Jurusan Tarbiyah. Pembimbing (I) Drs. Nasaruddin, M.Si,
Pembimbing (II) Andi Ika Prasasti Abrar, S.Si., M.Pd)
Kata Kunci : Pengaruh, Penguasaan, Konsep Matematika, Soal-soal Fungsi
Komposisi
Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex-post Facto. Masalah yang diselidiki dalam
penelitian ini adalah (1) Seberapa besar kemampuan siswa kelas XII IPA SMA
Negeri 4 Palopo dalam hal penguasaan Konsep matematika? (2) Seberapa besar
kemampuan siswa kelas XII IPA SMA Negeri 4 Palopo dalam menyelesaikan soal�soal fungsi komposisi? (3) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara penguasaan
konsep belajar matematika terhadap kemampuanmenyelesaikan soal-soal fungsi
komposisi pada siswa kelas XII IPA SMA Negeri 4 Palopo?
Populasi penelitian ini adalah semua siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 4 Palopo
tahun ajaran 2011/2012 yang tersebar dalam 4 kelas. Banyaknya sampel yang diteliti
adalah 25% dari populasi atau setara dengan 30 orang. Metode pengambilan sampel
yang digunakan adalah dengan sistem random sampling. Data untuk variabel
Penguasaan Konsep Matematika (X) dan Variabel Kemampuan Menyelesaikan
Fungsi Komposisi (Y) diperoleh dengan menggunakan instumen Tes. Hipotesis
dalam penelitian ini adalah Penguasaan Konsep Matematika mempunyai pengaruh
yang signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Fungsi
Komposisi. Untuk mengolah data hasil penelitian digunakan dua macam teknik
statistik yaitu statistik diskriptif dan statistik inferensial yang diolah melalui
komputerisasi dengan memanfaatkan program Statistical Product and Service
Solutions Versi 11.5.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan skor rata-rata penguasaan konsep Matematika
siswa kelas XII IPA SMA Negeri 4 Palopo sebesar 73,13 dari skor ideal 100 dengan
standar deviasi sebesar 9,549 yang dikategorikan “Tinggi”. Sedangkan untuk
kemampuan menyelesaikan soal-soal fungsi komposisi diperoleh skor rata-rata
sebesar 83,67 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi sebesar 9,528, juga
dikategorikan “Tinggi”. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan
bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara penguasaan konsep Matematika
terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal Fungsi Komposisi pada siswa Kelas
XII IPA SMA Negeri 4 Palopo, dimana nilai thitung > ttabel atau 3,486 >1,701 dengan
besarnya pengaruh yang diberikan oleh variabel X terhadap variabel Y sebesar 0,303,
atau 30,3% variansi tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Fungsi
Komposisi ditentukan oleh Penguasaan Konsep Matematika dengan catatan bahwa
pengaruh variabel lain diabaikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 24 May 2023 05:24
Last Modified: 24 May 2023 05:24
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6248

Actions (login required)

View Item View Item