KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MI DDI 1 PALOPO DALAM PENINGKATAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN ( STUDI TENTANG MANAJEMEN PENDIDIKAN )

Nurhaida, Siti (2011) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MI DDI 1 PALOPO DALAM PENINGKATAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN ( STUDI TENTANG MANAJEMEN PENDIDIKAN ). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Siti Nurhaida.pdf] Text
Siti Nurhaida.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurhaida, Siti, 2011, Kepemimpinan Kepala Sekolah MI DDI 1 Palopo dalam
Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran (Studi tentang Manajemen
Pendidikan). Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan
Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo, Pembimbing
( I ) Drs.Hasri,M.A.,Pembimbing ( II ) Dra.Hj.A. Ria Warda,M.Ag.
Kata kunci : Kepemimpinan, kepala sekolah, proses pembelajaran
Penelitian ini adalah studi tentang manajemen pendidikan yang berkaitan
dengan kepemimpinan kepala sekolah MI DDI 1 Palopo dalam peningkatan proses
pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana peranan kepala
sekolah MI DDI 1 Palopo dalam upaya meningkatkan kualitas proses pembelajaran
dan untuk mengetahui kendala apa yang dihadapi.
Desain penelitian menggunakan deskreptif persentase, yaitu penelitian yang
menguraikan pemecahan masalah berdasarkan data uji persyaratan dan intepretasi
hasil penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen
penelitian, sebagai alat bantu berupa kuisioner, interview, dokumentasi, dan
pengamatan lapangan. Analisis data dengan deskrepsi,dan analisis statistik deskreptif
persentase yakni penarikan kesimpulan atau menginterpretsikan data yang dihasilkan.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah MI
DDI 1 Palopo telah dilakukan dengan baik dan telah melaksanakan berbagai cara
untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah. Namun masih dijumpai
beberapa kendala sehingga upaya tersebut belum tercapai secara maksimal.
Kaitannya dengan peningkatan kualitas proses pembelajaran, menjadi sangat
urgen untuk mengambil langkah strategis guna menumbuhkan kesadaran yang
mendalam bagi tiap pribadi guru untuk mengabdi dengan sepenuh hati dan
menjalankan tugas sebagai guru profesional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 24 May 2023 06:16
Last Modified: 24 May 2023 06:16
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6254

Actions (login required)

View Item View Item