STUDI PERBANDINGAN ANTARA GURU SERTIFIKASI DAN NON SERTIFIKASI TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR SISWA DI SDN NO. 171 TULUNG SARI KAB. LUWU UTARA

Sulistiani, Sri (2011) STUDI PERBANDINGAN ANTARA GURU SERTIFIKASI DAN NON SERTIFIKASI TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR SISWA DI SDN NO. 171 TULUNG SARI KAB. LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Sri Sulistiani.pdf] Text
Sri Sulistiani.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Sulistiani, Sri. 2011 “Studi Perbandingan antara Guru Sertifikasi dan Non
Sertifikasi terhadap Peningkatan Kualitas Belajar Siswadi SDN No. 171
Tulung Sari Kab. Luwu Utara”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Agama Islam, Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
Palopo, Pembimbing (I), Drs. Masmuddin, M.Ag., Pembimbing (II), Munir
Yusuf, S.Ag., M.Pd.
Kata kunci: Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi, Kualitas Belajar .
Penelitian ini membahas tentang gambaran mengenai perbandingan antara
guru sertifikasi dan non sertifikasi terhadap peningkatan kualitas belajar siswa, dan
mengenai hasil peningkatan kualitas belajar siswa SDN No. 171 Tulungsari Kab.
Luwu-Utara. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, maka penulis menggunakan
metode kepustakaan (library research) untuk memperkuat landasan teori, dan metode
lapangan filed research) sebagai metode mengumpulkan data di lokasi penelitian
melalui observasi, interview, dan angket atau kuisioner.
Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat dikemukakan bahwa gambaran
perbedaan kualitas anatar guru setifikasi dan non sertifikasi adalah tidak terdapat
adanya perbedaan yang signifikan antara keduanya, meskipun dalam beberapa hal
terdapat hasil responden yang menunjukkan terdapatnya jawaban yang variatif dalam
menentukkan pilihan jawaban antar guru yang sertifikasi dan non sertifikasi.
Sementara itu gambaran peningkatan kualitas belajar siswa adalah cukup baik. Salah
satu faktor penyebabnya yang cukup berpengaruh adalah karena kualitas mengajar
guru juga baik, sehingga ada korelasi yang saling terkait antara kualitas mengajar
guru terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 24 May 2023 06:59
Last Modified: 24 May 2023 06:59
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6257

Actions (login required)

View Item View Item