APLIKASI METODE DAN MEDIA VARIATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TKA / TPA NURUL HUDA SUKARAYA KABUPATEN LUWU UTARA

Sriani, Sriani (2011) APLIKASI METODE DAN MEDIA VARIATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TKA / TPA NURUL HUDA SUKARAYA KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Sriani.pdf] Text
Sriani.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Sriani, 2011. Aplikasi Metode dan Media Variatif dalam Meningkatkan Hasil Belajar
TKA/TPA Nurul Huda Sukaraya Kab. Luwu Utara. Skripsi. Jurusan
Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam. (1) Drs. M. Amir Mula,
M.Pd.I; (2) Muh. Irfan Hasanuddin, S.Ag., M.A.
Kata kunci: Aplikasi Metode dan Media Variatif, Peningkatan Hasil Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana penerapan
metode dan media variatif di TKA/TPA Nurul Huda Sukaraya Kab. Luwu Utara agar
terwujud hasil pembelajaran baca Al-Qur’an yang baik dan benar.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yang bersifat kualitatif.
Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu
dengan cara analisa yang cenderung menggunakan kata-kata untuk menjelaskan/
mendeskripsikan fenomena atau data yang didapatkan di lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aplikasi dari metode dan media
variatif di TKA/TPA Nurul Ulum Sukaraya Kab. Luwu Utara terlaksana dengan baik,
yaitu dilihat dari apa yang telah dirancang dan direncanakan sudah sesuai dengan
kondisi dan perkembangan siswa dengan prinsip belajar sambil bermain. Adapun
metode yang digunakan guru menyimak secara langsung aktivitas belajar siswa,
menggunakan sistem asistensi sesama teman, melakukan pendeatan persuasif dan
campuran dan belajar sambil bermain. (2) kendala yang ditemukan dan dirasakan oleh
guru pada saat menghadapi anak-anak yakni masih rendahnya kedisiplinan murid serta
kurangnya fasilitas pembelajaran, kurangnya dukungan finansial dari orang tua wali
khususnya. Hasil yang dicapai dalam aplikasi metode dan media variatif yakni
umumnya para anak didik merasa lebih antusias datang mengaji dan belajar ilmu lainnya
di TKA/TPA Nurul Ulum Sukaraya, walaupun suasana terlihat agak ramai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 24 May 2023 07:04
Last Modified: 24 May 2023 07:04
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6258

Actions (login required)

View Item View Item