DESKRIPSI KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PHYTAGORAS DI SMP NEGERI 2 LAMASI

FATIRAH H.B, AKHNES INTAN SARI (2023) DESKRIPSI KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PHYTAGORAS DI SMP NEGERI 2 LAMASI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of AKHNES INTAN SARI FATIRAH H.B.pdf] Text
AKHNES INTAN SARI FATIRAH H.B.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Akhnes Intan Sari Fatirah H.B.2022. ―Deskripsi Kemandirian Belajar
Matematika Peserta Didik Kelas VIII Pada Pokok Bahasan
Teorema Phytagoras di SMP Negeri 2 Lamasi”. Skripsi Program
Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Muh.Hajarul Aswad A dan Sumardin Raupu.
Skripsi ini membahas tentang kemandirian belajar matematika peserta
didik kelas VIII pada pokok bahasan teorema phytagoras di SMP Negeri 2
Lamasi. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui kemandirian belajar
matematika peserta didik kelas VIII pada pokok bahasan Teorema Phytagoras di
SMP Negeri 2 Lamasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yang fokus pada
kemandirian belajar matematika. Populasinya adalah peserta didik kelas VIII
terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 138 peserta didik. Pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik purposive Random sampling. Sampel yang digunakan,
sebanyak 58 peserta didik. Data diperoleh melalui angket dan dokumentasi.
Selanjutnya data penelitian ini dianalisis dengan analisis statistik deskriptif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Dengan perolehan rata-rata
indikator kemandirian belajar matematika yaitu sebesar 69% yang artinya
kemandirian belajar matematika kelas VIII di SMPN 2 Lamasi berada pada
kategori baik yang berarti bahwa peserta didik memiliki kemandirian belajar
matematika yang baik. Kemandirian belajar matematika peserta didik di SMP
Negeri 2 Lamasi pada indikator bertanggung jawab memiliki persentase sebesar
59%, pada indikator kedisiplinan 51%, indikator mampu bekerja sendiri
persentase sebesar 82%, Indikator inisiatif 80%. Dan indikator kepercayaan diri
persentase sebesar 71%.
Kata Kunci : Kemandirian Belajar Matematika, Peserta didik, Teorema
Phytagoras

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 25 May 2023 00:29
Last Modified: 25 May 2023 00:29
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6265

Actions (login required)

View Item View Item