ANALISIS MANAJEMEN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA KELAS IV MI 27 LAMASI KABUPATEN LUWU

IRTIA, HENI (2022) ANALISIS MANAJEMEN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA KELAS IV MI 27 LAMASI KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of HENI IRTIA.pdf] Text
HENI IRTIA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Heni Irtia, 2022, “Analisis Manajemen Pembelajaran Blended Learning pada
Kelas IV MI 27 Lamasi Kabupaten Luwu”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Pembimbing (I)
Hilal Mahmud dan Pembimbing (II) Andi Muhammad Ajigoena.
Skripsi ini membahas tentang manajemen pembelajaran blended learning dengan
pendekatan metodologi dan jenis penelitian deskriptif pada siswa kelas IV MI 27
Lamasi Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengetahui
bagaimana perencanaan pembelajaran blended learning pada Kelas IV MI 27
Lamasi Kabupaten Luwu (2) Mengetahui pembelajaran blended learning yang
dilakukan pada kelas IV MI 27 Lamasi Kabupaten Luwu (3) Mengetahui cara
penilaian pembelajaran blended learning pada kelas IV MI 27 Lamasi Kabupaten
Luwu. Penulis mengacu pada penelitian kualitatif. Pada penelitian ini, penulis
hanya melakukan penelitian dengan lembar observasi(Catatan Lapangan)
wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di kelas IV MI 27
Lamasi, adapun subjek pada penelitian ini yakni kepala sekolah, guru dan siswa
kelas IV yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini juga menggunakan beberapa
instrumen seperti wawancara guru, catatan lapangan dan studi dokumentasi.
Tahap perancangan pembelajaran dilaksanakan berdasarkan kurikulum yang
sudah ditetapkan disekolah sebelumnya. Pembelajaran yang dilaksanakan di
sekolah juga mengalami pengurangan jam pembelajaran yang kini hanya menjadi
lebih singkat. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa manajemen
pembelajaran blended learning yang dilaksanakan di MI 27 Lamasi tersebut
mengalami perbedaan dengan pembelajaran konvensional. Terjadi
penyederhanaan RPP, pengurangan jam pembelajaran dan penilaian yang lebih
sederhana.
Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran, Blended Learning

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 25 May 2023 00:37
Last Modified: 25 May 2023 00:37
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6266

Actions (login required)

View Item View Item