METODE PEMBERIAN TUGAS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA BIDANG STUDI PAI DI MADRASAH IBTIDAIYYAH DARUL ISTIQAMAH DESA LEPPANGANG

Hafsah, ST. (2011) METODE PEMBERIAN TUGAS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA BIDANG STUDI PAI DI MADRASAH IBTIDAIYYAH DARUL ISTIQAMAH DESA LEPPANGANG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ST. Hafsah.pdf] Text
ST. Hafsah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Hafsah, ST., 2011. “Metode Pemberian Tugas sebagai Upaya Peningkatan
Kualitas Proses Belajar Mengajar pada Bidang Studi PAI di Madrasah
Ibtidaiyyah pada Darul Istiqamah Desa Leppangang”. Skripsi Program
Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama
Islam Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing (I) Drs. H. Syarifuddin Daud,
M.A., dan Pembimbing (II) Mustaming, S.Ag., M.H.I.
Kata Kunci : Metode Pemberian Tugas, Kualitas Proses Belajar Mengajar
Skripsi ini membahas tentang metode pemberian tugas sebagai upaya
peningkatan kualitas proses belajar mengajar pada bidang studi PAI di Madrasah
Ibtidaiyyah Darul Istiqamah Desa Leppangang, di mana penelitian ini mengangkat
permasalahan tentang : (1) Pemberian tugas yang ditempuh guru dalam mencapai
keberhasilan belajar mengajar PAI di Pondok Pesantren MI Darul Istiqamah desa
Leppangang? dan (2) Faktor-faktor yang menghambat dan bagaimana cara mengatasi
bentuk-bentuk pendekatan yang digunakan dalam mencapai keberhasilan belajar
mengajar PAI di Pondok Pesantren MI Darul Istiqamah desa Leppangang,
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan pada
saat penelitian dilakukan para responden perlu memiliki persepsi, penghayatan,
pengalaman dan penilaian tertentu yang merefleksikan persepsi tersebut terhadap
semua aspek kegiatan dan keadaan di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan
teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan berbagai macam
alternatif jawaban dari objek yang dikaji, yakni 1). Observasi, atau kegiatan yang
dilakukan penulis mengadakan pengamatan langsung terhadap obyek penelitian. 2)
Wawancara, atau suatu instrumen penelitian melalui pendekatan individu, berupa
tanya jawab langsung. 3) Angket, di mana penulis menyiapkan daftar pertanyaan
yang diberikan kepada semua responden. Kemudian selanjutnya keseluruhan data
tersebut dianalisis secara kualitatif yaitu data dikumpulkan dan diolah secara
kualitatif dengan menggunakan tabel-tabel sederhana kemudian hasil olahan tersebut
dijadikan acuan untuk menganalisa secara kualitatif terhadap suatu permasalahan
yang telah dirumuskan sebelumnya dan memberikan gambaran mengenai metode
pemberian tugas sebagai upaya peningkatan kualitas proses belajar mengajar pada
bidang studi PAI dan hasil analisis berbentuk tabel frekuensi dan tabel persentase.
Hasil penelitian ini dapat menentukan keberhasilan belajar siswa dalam
menciptakan kondisi belajar yang efektif dengan melibatkan siswa secara aktif
sebagai salah satu upaya untuk menciptakan komunikasi edukatif (komunikasi),
kemudian mampu menarik minat dan perhatian siswa, yang pada dasarnya tidak ada
belajar tanpa keaktifan siswa, sedangkan keaktifan siswa akan muncul dengan
sendirinya, serta guru mampu membangkitkan motivasi siswa baik akibat pengaruh
dari luar ataupun dari dalam pribadi siswa sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 25 May 2023 01:03
Last Modified: 25 May 2023 01:03
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6268

Actions (login required)

View Item View Item