EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT KELAS IX SMP NEGERI 1 PALOPO

KAMIL, INSANUL (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT KELAS IX SMP NEGERI 1 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of INSANUL KAMIL.pdf] Text
INSANUL KAMIL.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Insanul Kamil, 2022. ―Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Pada Materi
Persamaan Kuadrat Kelas IX SMP Negeri 1 Palopo‖ Skripsi Program Studi
Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing Oleh Alia Lestari dan Dwi Risky
Arifanti.
Sejak masa pandemi covid-19 sejumlah negara termasuk indonesia
mengambil langkah Proses Belajar Mengajar (PBM) dengan sistem pembelajaran
online atau e-learning sehingga dibutuhkan media yang dapat menunjang
pembelajaran tanpa harus datang ke sekolah, dapat diakses dimana saja dan kapan
saja selama memiliki jaringan internet seperti google classroom. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa sebelum
menggunakan google classroom, hasil belajar matematika siswa setelah
menggunakan google classroom dan efektivitas pembelajaran dengan google
classroom terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian
yang digunakan adalah one-group pre test-post test design. Populasi dari
penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Palopo dimana pembelajaran
yang diterapkan pada sekolah yaitu pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT).
Sampel pada penelitian ini adalah kelas IX.D yang berjumlah 35 orang. Data
penelitian diperoleh dari hasil pengamatan aktivitas siswa dengan menggunakan
instrumen lembar observasi pengamatan aktivitas siswa serta instrumen tes berupa
pre-test dan post-test.
Data dianalisis menggunakan analisis data statistik deskriptif dan analisis
statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa
sebelum menggunakan google classroom (pre-test) diperoleh nilai rata-rata
dengan kategori sangat kurang (2) Hasil analisis data setelah menggunakan google
classroom (post-test) diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan kategori
cukup (3) Berdasarkan hasil analisis statistik data pada tahap akhir, yaitu Uji-t
berpasangan (paired test) diperoleh kesimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima,
artinya ada perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan google
classroom. Sehingga dapat disimpulkan bahwa google classroom efektif terhadap
hasil belajar siswa pada materi persamaan kuadrat kelas IX SMP Negeri 1 Palopo.
Kata Kunci : Efektivitas, Google Classroom, Persamaan Kuadrat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 25 May 2023 01:38
Last Modified: 25 May 2023 01:38
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6273

Actions (login required)

View Item View Item