PERANAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN DALAM PENCAPAIAN

Sulaeni, Sulaeni (2011) PERANAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN DALAM PENCAPAIAN. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Sulaeni.pdf] Text
Sulaeni.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Sulaeni, 2011. Peranan Perencanaan Pembelajaran dalam Pencapaian Kompetensi
Siswa pada MTs Assalam Salu Induk Kecamatan Bupon Kabupaten Luwu.
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN
Palopo. Pembimbing I: Dra. St. Marwiyah, M.Ag. Pembimbing II:
Rahmawati, M.Ag
Kata Kunci : Perencanaan Pembelajaran, Pencapaian Kompetensi
Skripsi ini membahas Peranan Perencanaan Pembelajaran dalam Pencapaian
Kompetensi Siswa pada MTs Assalam Salu Induk Kecamatan Bupon Kabupaten
Luwu, berangkat dari permasalahan yaitu: 1) Bagaimana kompetensi guru dalam
perencanaan pembelajaran pada MTs. As-Salam Salu Induk Kecamatan Bupon
Kabupaten Luwu? 2) Apa upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi
guru MTs. As-Salam Salu Induk Kecamatan Bupon Kabupaten Luwu? 3) Apa
hambatan guru dalam pencapaian kompetensi siswa pada MTs. As-Salam Salu Induk
Kecamatan Bupon Kabupaten Luwu dan Bagaimana Solusinya? Tujuan Penelitian
yaitu: 1) Untuk mengetahui kompetensi guru dalam perencanaan pembelajaran pada
MTs. As-Salam Salu Induk Kecamatan Bupon Kabupaten Luwu. 2) Untuk
mengetahui upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru MTs. As�Salam Salu Induk Kecamatan Bupon Kabupaten Luwu. 3) Untuk mengetahui faktor
yang menghambat dalam pencapaian kompetensi siswa pada MTs. As-Salam Salu
Induk Kecamatan Bupon Kabupaten Luwu.
Untuk memperoleh data di lapangan, peneliti mengumpulkan data dengan
metode penelitian yaitu observasi, dengan instrumen wawancara dan angket. Data
yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif, interpretatif
maupun korelatif
Hasil penelitian disimpulkan bahwa Kompetensi guru pada MTs Assalam Salu
Induk mencakup dalam empat jenis kompetensi yaitu, kompetensi personal,
kompetensi profesional, kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial. Upaya-upaya
yang dilakukan oleh pihak MTs Assalam salu induk dalam hal peningkatan
kompetensi guru adalah: Pertama, upaya yang dilakukan oleh guru. Kedua, upaya
yang dilakukan kepala sekolah Ketiga, upaya oleh masyarakat. Keempat, upaya
peningkatan kompetensi guru dari pemerintah daerah dan pusat. Adapun hambatan�hambatan yang dihadapi dan upaya-upaya mengatasinya oleh pihak sekolah dalam hal
ini MTs Assalam Salu Induk dalam peningkatan kompetensi siswa antara lain: 1)
Perbedaan Perseorangan, upaya mengatasinya dengan melakukan pengajaran dengan
kelompok kecil (Cooperative Learning), tutorial, dan belajar mandiri serta belajar
individual. 2) Kesiapan untuk belajar yaitu kurang siapnya siswa untuk mengikuti
pembelajaran. Upaya untuk mengatasinya kurang siapnya siswa belajar pihak sekolah
dalam hal ini MTs Assalam Salu induk dibawah naungan yayasan pesantren Assalam
melakukan sistem pemondokan siswa/santri 3) Kurangnya Motivasi, upaya yang
dilakukan memperlakukan motivasi sebagai suatu konsep yang dihubungkan dengan
asas-asas untuk menimbulkan terjadinya belajar pada diri siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 25 May 2023 02:27
Last Modified: 25 May 2023 02:27
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6278

Actions (login required)

View Item View Item