EFEKTIVITAS KOMPETENSI GURU DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SD NEGERI 361 BAILING KECAMATAN BAJO BARAT KABUPATEN LUWU

Suleha, Suleha (2011) EFEKTIVITAS KOMPETENSI GURU DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SD NEGERI 361 BAILING KECAMATAN BAJO BARAT KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of suleha.pdf] Text
suleha.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Suleha, 2011. Efektivitas Kompetensi Guru Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam Pada SD Negeri 361 Bailing Kecamatan Bajo Barat Kabupaten Luwu�Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Sekolah
Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo, Pembimbing (I) Dra. Nursyamsi,
M.Pd.I., Pembimbing (II) Abdain, S.Ag, M.H.I.
Kata Kunci: Efektivitas Kompetensi Guru
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menggambarkan tingkat kompetensi guru mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam, dan (2) mengetahui upaya-upaya guru Pendidikan Agama Islam
(PAI) dalam mengefektifkan pembelajaran Agama Islam Pada SD Negeri 361 Bailing.
Populasi penelitian ini seluruh siswa SD Negeri 361 Bailing Kecamatan Bajo Barat
Kabupaten Luwu yang berjumlah 147 orang siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini
menggunakan metode Stratified Random Sampling yaitu mengambil populasi sebagai
sampel dengan menetapkan semua siswa kelas IV, V dan kelas VI sebagai sampel yang
berjumlah 65 orang, dan guru bidang studi Pendidikan Agama Islam.
Dalam penelitian ini dipergunakan pengumpulan data dengan pustaka dan angket yang
kemudian di analisis dengan menggunakan teknik Teknik induktif, yaitu mengelola data
yang dimulai dari data yang bersifat khusus kemudian menarik kesimpulan yang bersifat
umum. Teknik Deduktif, yaitu mengelola data yang dimulai dari hal-hal yang bersifat umum
kemudian menarik kesimpulan yang bersifat khusus. Teknik Komparatif, yaitu mengadakan
dengan membandingkan suatu pendapat dengan pendapat lainnya antara teori dengan
fakta/data empirik, kemudian menginterpretasikan untuk mendapatkan kesimpulan yang
dianggap tepat.
Dari analisis data diperoleh hasil bahwa (1) Para guru khususnya guru Pendidikan
Agama Islam (PAI) dengan status sentralnya, perlu mengembangkan kompetensi
kepribadiannya sehingga lebih tumbuh, agar perannya dalam menumbuhkan kepribadian
peserta didik dapat lebih baik, dan terarah. Selain itu, dari segi sosial guru juga perlu
mengasah kompetensi sosialnya sebagai bentuk penerapan ilmu pengetahuan melalui
lingkungan pergaulan. (2). Adanya kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru
Pendidikan Agama Islam (PAI) memungkinkan mereka memiliki kemampuan untuk
menciptakan kondisi dalam rangka pembentukan kepribadian peserta didik melalui
berbagai cara yang mereka ketahui.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 25 May 2023 02:57
Last Modified: 25 May 2023 02:57
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6279

Actions (login required)

View Item View Item