METODE MENGAJAR IQRA’ DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELAJAR SANTRI TPA BABUL KHAIR DESA BASSIANG TIMUR KECAMATAN PONRANG SELATAN KABUPATEN LUWU

Sumarni, Sumarni (2011) METODE MENGAJAR IQRA’ DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELAJAR SANTRI TPA BABUL KHAIR DESA BASSIANG TIMUR KECAMATAN PONRANG SELATAN KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Sumarni.pdf] Text
Sumarni.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Sumarni, 2011. “Metode Mengajar Iqra’ dan Pengaruhnya terhadap Minat
Belajar Santri TPA Babul Khair desa Bassiang Timur Kec. Ponrang
Selatan Kab. Luwu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN), Pembimbing (I)
Dra. Nursyamsi, M.Pd.I., dan Pembimbing (II) Ratna Umar, S.Ag.
Kata Kunci : Metode Mengajar Iqra’, Minat Belajar, Santri TPA Babul Khair
Skripsi ini membahas tentang metode mengajar iqra’ dan pengaruhnya
terhadap minat belajar santri TPA Babul Khair desa Bassiang Timur Kec. Ponrang
Selatan Kab. Luwu, di mana penelitian ini memadukan berbagai macam metode
dalam penelitian dikaji dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan
pada saat penelitian dilakukan para responden perlu memiliki persepsi, penghayatan,
pengalaman dan penilaian tertentu yang merefleksikan persepsi tersebut terhadap
semua aspek kegiatan dan keadaan di TPA tersebut.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan untuk
menganalisa data yang ada yakni 1). Riset kepustakaan, yaitu metode yang dilakukan
dalam rangka menghimpun data tertulis, 2). Riset lapangan, yaitu cara
mengumpulkan data melalui penelitian di lapangan dengan tehnik (a). Observasi, ,
(b). Interview. (c). Kuisioner (angket), kemudian selanjutnya keseluruhan data
tersebut dianalisis secara kualitatif yaitu data yang dikumpulkan dan diolah secara
kualitatif dengan menggunakan tabel-tabel sederhana kemudian hasil olahan tersebut
dijadikan acuan dasar untuk menganalisa secara kualitatif terhadap suatu
permasalahan yang telah dirumuskan sebelumnya dan memberikan gambaran
mengenai metode mengajar iqra’ terhadap minat belajar santri dan hasil analisis
berbentuk tabel frekuensi dan tabel persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan belajar dengan
menggunakan metode iqra’ yang diberikan oleh pengajar pada TPA Babul Khair,
dapat meningkatkan minat belajar santri karena tujuan mengajar memang benar
adanya yang telah dibuktikan dengan analisa data yang telah dikemukakan
sebelumnya, serta masih terarah pada tingkat profesionalisme dari individu sang
pengajar dan juga usaha yang dilakukan oleh pengajar untuk mengatasi kesulitan
belajar santri pada TPA Babul Khair sudah berada pada tahap pendekatan kepada
santri (psikologi, paedagogis, sosiologis, individual), untuk memahami kondisi santri,
dengan menggunakan metode yang sesuai dengan metode iqra’ yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 25 May 2023 05:39
Last Modified: 25 May 2023 05:39
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6282

Actions (login required)

View Item View Item