PENGARUH KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MURID PADA SDN 228 SULI KELURAHAN SULI KECAMATAN SULI KABUPATEN LUWU

Suriana, Suriana (2011) PENGARUH KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MURID PADA SDN 228 SULI KELURAHAN SULI KECAMATAN SULI KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Suriana.pdf] Text
Suriana.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Suriana, 2011. “Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Murid pada
SDN 228 Suli Kelurahan Suli Kecamatan Suli Kabupaten Luwu”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah. Pembimbing (I)
Dra. St. Marwiyah, M.Ag. dan Pembimbing (II) Dr. H. M. Zuhri Abu Nawas,
Lc., M.A.
Kata Kunci: Kinerja Guru, Prestasi Belajar Murid, SDN 228 Suli

Skripsi ini membahas tentang dampak kinerja guru dan prestasi murid pada
SDN 228 Suli Kec. Suli Kab. Luwu dimana penelitian ini memadukan berbagai
macam metode dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan pada saat
penelitian dilakukan para responden yang memiliki persepsi, penghayatan,
pengalaman dan penilaian tertentu serta merefleksikan persepsi tersebut terhadap
semua aspek kegiatan dan keadaan di sekolah tersebut.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data sebagai alternatif
jawaban dari objek yang dikaji, yakni 1). Observasi, atau kegiatan yang dilakukan
penulis mengadakan pengamatan langsung terhadap obyek penelitian yang ada. 2)
Wawancara, atau suatu instrumen penelitian melalui pendekatan individu, berupa
tanya jawab langsung yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. 3) Angket,
dimana penulis menyiapkan daftar pertanyaan yang diberikan kepada semua
responden. 4) Dokumentasi, atau pengumpulan data oleh peneliti di lapangan guna
mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan permasalahan penelitian ini.
Kemudian selanjutnya keseluruhan data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif
yaitu data yang dikumpulkan dan diolah secara kualitatif dengan menggunakan tabel�tabel sederhana kemudian hasil olahan tersebut dijadikan acuan dasar untuk
menganalisa secara kualitatif terhadap suatu permasalahan yang telah dirumuskan
sebelumnya dan memberikan gambaran mengenai dampak kinerja guru dengan
prestasi murid dan hasil analisis berbentuk tabel frekuensi dan tabel persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar murid adalah hasil yang
dicapai oleh murid dalam proses belajar mengajar berupa angka nilai yang diberikan
oleh guru setelah diadakan evaluasi, sebab peran dan tanggung jawab guru jika
dihubungkan dengan tugas profesionalnya sebagai pengajar, kemudian pola
pembelajaran dalam dua faktor yakni pertama, pengetahuan yang sifatnya teoritis
dalam hal ini berkaitan dengan pengetahuan tentang kepribadian kedua kemampuan
yang sifatnya teknis yang diperlukan dalam menjalankan pekerjaan, peran profesional
guru dalam kinerjanya terletak pada kemampuannya mendesain program pengajaran
yang sesuai dengan kebutuhan anak didik dan mengkomunikasikannya dengan baik
sehingga guru dapat menentukan pendekatan dan metode yang efektif dalam
mengembangkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik anak didik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 25 May 2023 05:50
Last Modified: 25 May 2023 05:50
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6284

Actions (login required)

View Item View Item