EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE TANYA JAWAB TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SLTP NEGERI 2 BASTEM KECAMATAN BASTEM KABUPATEN LUWU

Buranna, Surianti Sirra (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE TANYA JAWAB TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SLTP NEGERI 2 BASTEM KECAMATAN BASTEM KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Surianti Sirra Buranna.pdf] Text
Surianti Sirra Buranna.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Buranna, Surianti Sirra, 2011. “Efektivitas Penerapan Metode Tanya Jawab
terhadap Kemampuan Kognitif Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di SLTP Negeri 2 Bastem Kec. Bastem Kab. Luwu”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Jurusan Tarbiyah. Sekolah
Tinggi Agama Islam Negeri Palopo Pembimbing (I) Drs. H. Syarifuddin
Daud, M.A., dan Pembimbing (II) Rahmawati, M.Ag.
Kata Kunci : Tanya Jawab, Kemampuan Kognitif, Pendidikan Agama Islam
Skripsi ini membahas tentang efektivitas penerapan metode tanya jawab
terhadap kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di
SLTP Negeri 2 Bastem Kec. Bastem Kab. Luwu, di mana penelitian ini mengangkat
permasalahan tentang (1) Bagaimana penerapan metode tanya jawab dalam bidang
studi PAI di SLTP Negeri 2 Bastem Kec. Bastem Kab. Luwu? (2) Bagaimana
efektivitas metode tanya jawab terhadap kemampuan kognitif siswa dalam bidang
studi PAI di SLTP Negeri 2 Bastem Kec. Bastem Kab. Luwu? (3) Faktor-faktor apa
saja yang menghambat dan mendukung efektivitas penerapan metode tanya jawab
dalam bidang studi PAI di SLTP Negeri 2 Bastem Kec. Bastem Kab. Luwu? dan pada
saat penelitian dilakukan para responden perlu memiliki persepsi, penghayatan,
pengalaman dan penilaian tertentu yang merefleksikan persepsi tersebut terhadap
semua aspek kegiatan dan keadaan di sekolah tersebut.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan untuk
mengumpulkan berbagai macam alternatif jawaban dari objek yang dikaji, yakni 1).
observasi, 2) interview, 3) angket, kemudian selanjutnya keseluruhan data tersebut
dianalisis secara kualitatif yaitu data yang dikumpulkan dan diolah secara kualitatif
dengan menggunakan tabel-tabel sederhana kemudian hasil olahan tersebut dijadikan
acuan dasar untuk menganalisa secara kualitatif terhadap suatu permasalahan yang
telah dirumuskan sebelumnya dan memberikan gambaran efektivitas penerapan
metode tanya jawab terhadap kemampuan kognitif siswa dan hasil analisis berbentuk
tabel frekuensi dan persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode tanya jawab
dalam bidang studi PAI, tidak terlepas dari dua unsur yang sangat mendasar, yakni (a)
bagaimana pengajaran guru PAI dan (b) metode pengajaran guru PAI dalam mata
pelajaran. Efektivitas metode tanya jawab terhadap kemampuan kognitif siswa dalam
bidang studi PAI di SLTP Negeri 2 Bastem senantiasa mengedepankan penggunaan
metode mengajar, sebab kegiatan interaksi edukatif akan berproses dengan
sendirinya, karena itu penetapan metode yang akan digunakan sangat berpengaruh
terhadap hasil belajar siswa dapat menentukan keberhasilan kemampuan kognitif
siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 25 May 2023 06:06
Last Modified: 25 May 2023 06:06
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6286

Actions (login required)

View Item View Item