PENINGKATAN PENGUASAAN SISWA TERHADAP MATERI PAI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI DI SDN NO. 050 DADEKO KEC. BAEBUNTA KAB. LUWU UTARA

Sutitah, Sutitah (2011) PENINGKATAN PENGUASAAN SISWA TERHADAP MATERI PAI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI DI SDN NO. 050 DADEKO KEC. BAEBUNTA KAB. LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Sutitah.pdf] Text
Sutitah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Sutitah. 2011, Peningkatan Penguasaan Siswa terhadap Materi PAI melalui
Pendekatan Kontekstual di SDN No. 050 Dadeko Kecamatan Baebunta
Kabupaten Luwu Utara. Skripsi. Program Studi PAI Jurusan Tarbiyah
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Palopo, Pembimbing (I) Drs. Hisban
Thaha, M.Ag., (II) Taqwa, S.Ag., M.Pd.I.
Kata Kunci : Penguasaan Materi PAI, Pendekatan Kontekstual
Skripsi ini membahas tentang peranan pembelajaran kontekstual dalam
meningkatkan penguasaan materi PAI siswa melalui pendekatan kontekstual di SDN No.
050 Dadeko Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui tingkat penguasaan siswa kelas III setelah melakukan proses pembelajaran
melalui pendekatan kontekstual. Selain itu untuk mengetahui upaya-upaya guru agama
Islam dalam meningkatkan penguasaan materi PAI siswa.
Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, maka penulis menggunakan metode
kepustakaan sebagai landasan teori dan metode lapangan melalui interview, observasi
dan dokumentasi. Dan berdasarkan data yang diperoleh baik berupa hasil interview ,
observasi dan dokumentasi (daftar nilai siswa), maka dapat dinyatakan bahwa terjadi
peningkatan hasil prestasi belajar siswa dalam hal penguasaan materi PAI. Dan adapun
upaya-upaya yang dilakukan oleh guru agama Islam adalah menyiapkan pembelajaran
secara sistematis, penerapan metode yang variatif dan membangun komunikasi kepada
orang tua dan lingkungan pendidikan.
Melalui hasil penelitian ynag diperoleh, maka diharapkan bagi guru PAI SDN
No. 050 Dadeko untuk tetap melanjutkan proses pembelajaran kontekstual bagi siswa,
namun tetap dapat berkretivitas dengan memadukan metode-metode pembelajaran yang
biasa dilakukan. Hendaknya kurikulum pembelajaran PAI agar diformulasikan ulang,
dan dikaitkan dengan tingkat kebutuhan siswa tanpa merubah tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 25 May 2023 06:18
Last Modified: 25 May 2023 06:18
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6287

Actions (login required)

View Item View Item