PENERAPAN TEKNIK TIM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIKIH PADA PESERTA DIDIK KELAS VI MI 04 MURANTE KECAMATAN SULI KABUPATEN LUWU

Syalbiah, Syalbiah (2014) PENERAPAN TEKNIK TIM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIKIH PADA PESERTA DIDIK KELAS VI MI 04 MURANTE KECAMATAN SULI KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Syalbiah.pdf] Text
Syalbiah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Syalbiah, 2014. “Penerapan Teknik Tim Quiz untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Fikih pada Peserta Didik Kelas VI MI 04 Murante Kecamatan Suli
Kabupaten Luwu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan
Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Palopo. Pembimbing I, Dra.
Hj. A. Riawarda, M.Ag., Pembimbing 2, Ilham, S.Ag., M.A.
Skripsi ini membahas tentang 1. Pengelolaan pembelajaran Fiqih pada kelas VI
MI 04 Murante Kecamatan Suli Kabupaten Luwu, 2. Penerapan teknik tim quiz
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Fiqih di
kelas VI MI 04 Murante Kecamatan Suli Kabupaten Luwu.
Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran
dengan penerapan teknik tim quiz pada pembelajaran Fiqih kelas VI MI 04 Murante
Kecamatan Suli Kabupaten Luwu, 2. Untuk mengetahui penerapan teknik tim quiz
dapat meningkatkan aktivitas peserta didik, 3. Untuk mengetahui hasil belajar peserta
didik pada pembelajaran Fiqih di kelas VI MI 04 Murante Kecamatan Suli Kabupaten
Luwu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam dua siklus. Sumber datanya adalah guru kelas VI MI 04 Murante sebagai
kolaborator, kepala sekolah dan peserta didik kelas VI tersebut. Untuk memperoleh
data lapangan, penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan teknik penelitian
yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul
dianalisis dengan teknik presentase.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa 1) Pengelolaan pembelajaran yang
menerapkan teknik tim quiz pada peserta didik kelas VI MI 04 Murante pada Siklus I
nilai 26/10=2,6 atau kategori Baik pada Siklus II nilai 36/10=3,6 atau kriteria Baik
Sekali. Jadi terjadi peningkatan 30% kategori Baik Sekali, 2) Penerapan pembelajaran
model Tim Quiz meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada Siklus I mencapai
69,37%, dan pada Siklus II 86,87%, terjadi peningkatan sebanyak 17,50 %, dan 3)
Hasil belajar peserta didik kelas VI MI 04 Murante Kecamatan Suli pada materi dalam
SK 3 KD 3.1 yaitu “tata cara jual beli” dan KD 3.2 yaitu tata cara pinjam meminjam
meningkat yaitu pada Siklus I nilai rata-rata 70,5, pada Siklus II nilai rata-rata 77,8.
Ketuntasan belajar klasikal pada Siklus I 67%, dan pada Siklus II 76%. Jadi ada
peningkatan sebesar 9%. Artinya pembelajaran yang menerapkan teknik tim quiz
meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X4 Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 25 May 2023 06:44
Last Modified: 25 May 2023 06:44
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6288

Actions (login required)

View Item View Item