FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN MENURUNNYA PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN 573 PA’BATANG DESA POSI KECAMATAN BUA KABUPATEN LUWU

Tasbi, Tasbi (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN MENURUNNYA PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN 573 PA’BATANG DESA POSI KECAMATAN BUA KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Tasbi.pdf] Text
Tasbi.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Tasbi, 2011. “Faktor-faktor yang Menyebabkan Menurunnya Prestasi Belajar
Siswa di SDN 573 Pa’batang Desa Posi Kecamatan Bua Kabupaten
Luwu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo Pembimbing (I) Prof.
Dr. H. Nihaya M., M.Hum. dan Pembimbing (II) Dr. Muhaemin, M.A.
Kata Kunci : Faktor-faktor Penyebab, Prestasi Belajar, SDN 573 Pa’batang
Skripsi ini berkenaan dengan studi tentang faktor-faktor yang menyebabkan
menurunnya prestasi belajar siswa di SDN 573 Pa’batang Desa Posi Kecamatan Bua
Kabupaten Luwu, dimana dalam penelitian ini mengangkat permasalahan tentang 1).
Faktor-faktor yang menyebabkan menurunnya prestasi belajar siswa dan 2).
Bagaimana usaha penanggulangan menurunnya prestasi belajar siswa dalam kegiatan
proses belajar mengajar pada SDN 573 Pa’batang Desa Posi.
Dalam penelitian ini mengumpulkan data-data yang dipergunakan untuk
menyusun skripsi ini peneliti menggunakan metode (1) Library Research
(perpustakaan), yaitu mengumpulkan data dengan jalan membaca dan menelaah
buku-buku dan literatur lainnya yang berkaitan dengan objek penelitian. (2) Field
Research (lapangan), yaitu mengumpulkan data-data yang dilakukan secara langsung
meneliti di lapangan, penulis menggunakan tiga macam tehnik pengumpulan data
yaitu : (a) Observasi, yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan di lapangan
dengan jalan pengamatan dan pencatatan. (b) Interview, yaitu suatu teknik
pengumpulan data dengan jalan mengadakan wawancara atau tanya jawab kepada
pihak-pihak yang terkait sebagai informan di dalam memberi data. (c) Angket, yaitu
teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat
pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minimnya sarana dan prasarana
serta media pembelajaran, sangat memegang peranan yang besar dalam dalam
menyampaikan informasi edukatif dalam setiap proses belajar mengajar di kelas.
Tanpa sarana dan prasarana pendidikan yang memadai maka proses belajar mengajar
berjalan apa adanya. Selain itu literatur di perpustakaan pun menjadi faktor yang ikut
menghambat proses pembelajaran, buku paket yang dibutuhkan baik para siswa
maupun oleh guru masih sangat terbatas. Di dalam situasi proses belajar mengajar,
gurulah yang memimpin dan bertanggung jawab penuh atas kepemimpinan yang
dilakukan itu. Ia tidak melakukan intruksi-intruksi dan tidak berdiri sendiri dibawah
intruksi manusia lain kecuali dirinya sendiri. Proses belajar mengajar merupakan
kegiatan yang mengandung interaksi antara guru dan siswa dan adanya komunikasi
timbal balik yang berlangsung dalam suasana edukatif untuk mencapai tujuan belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 25 May 2023 06:49
Last Modified: 25 May 2023 06:49
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6289

Actions (login required)

View Item View Item