PENGARUH PENERAPAN KEDISIPLINAN TERHADAP PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 8 PALOPO

Tendri, Tendri (2012) PENGARUH PENERAPAN KEDISIPLINAN TERHADAP PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Tendri.pdf] Text
Tendri.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Tendri, 2012 “Pengaruh Penerapan Kedisiplinan terhadap Peningkatan
Efektivitas Pembelajaran PAI di SMPN 8 Palopo”. Skripsi, Program
Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi
Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing (1) Sukirman
Nurdjan, S.S., M.Pd. (2) Dra. Fatmarida Sabani, M.Ag.
Kata Kunci: Disiplin, Efektivitas.
Pengajaran PAI mempunyai peranan yang sangat besar dalam pendidikan
nasional, juga pengembangan identitas diri atau karakter bangsa. Karena dengan
belajar PAI manusia akan menemukan kesadaran identitas dirinya, bagaimana
seharusnya berbuat, apa yang seharusnya dilakukan dalam kehidupan ini, dan
menyadari tujuan penciptaan dirinya. Dengan memahami hal-hal tersebut,
membatasi siswa berbuat sesuatu yang dapat merugikan diri sendiri lebih-lebih
orang lain, dalam hal ini akan terwujud kedisiplinan dalam diri setiap siswa
sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif.
Dalam penelitian ini dirumuskan beberapa masalah, yaitu: (1) Bagaimana
pengaruh pembelajaran setelah kedisiplinan diterapkan pada siswa SMPN 8 Palopo,
(2) Bagaimana model penerapan kedisiplinan dalam pembelajaran PAI di SMPN 8
Palopo, dan (3) Bagaimana hubungan antara kediplinan dan efektivitas
pembelajaran PAI di SMPN 8 Palopo.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitative deskriptif. Teknik sampling
yang digunakan adalah proporsional sampling dengan jumlah sampel 165. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner (pemberian angket),
wawancara, dan dokumentasi. Adapun data diolah dengan menggunakan teknik
distribusi frekuensi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan yakni: (1) Pengaruh
penerapan disiplin terhadap efektivitas pembelajaran adalah sebesar 75,2%. (2)
Model penerapan kedisiplinan di SMP Negeri 8 Palopo yaitu: a) Guru PAI
memberikan pemahaman tentang aturan-aturan sekolah, b) Guru PAI memberikan
contoh sikap disiplin, c) Siswa harus mengikuti upacara tiap hari senin dengan
pakaian lengkap, d) Siswa harus datang ke sekolah sebelum bel berbunyi, e) Siswa
yang datang terlambat diberikan sanksi oleh, f) Siswa yang melakukan pelanggaran
besar dilaporkan ke guru PAI, g) Siswa dilarang membawa HP ke sekolah, h) Guru
PAI selalu memberikan nasihat dan arahan agar selalu mematuhi aturan dan tata
tertib sekolah serta berperilaku yang baik, i) Guru PAI selalu mengontrol
penampilan siswa, j) Siswa yang mengganggu pada jam pelajaran diproses setelah
pelajaran selesai. (3) Antara disiplin dan efektivitas pembelajaran terdapat
hubungan yang kuat. Siswa yang disiplin akan mengikuti pelajaran dengan tenang
dan bersemangat, mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru, tidak
melakukan hal-hal yang dapat mengganggu pembelajaran, datang tepat waktu, dan
lain-lain sehingga dengan demikian akan terwujud pembelajaran yang efektif.
antara lain: a) Siswa memperhatikan pelajaran yang disampaikan oleh guru, b)
xiv
Siswa menyelesaikan tugas-tugas tepat pada watunya, c) Siswa menjadi lebih baik,
d) Siswa tidak bolos sekolah, e) Siswa membuat catatan-catatan pelajaran secara
rapi dan teratur, f) Siswa tidak membawa HP ke sekolah, g) Siswa rajin membaca
buku-buku pelajaran, h) Siswa menghindarkan diri dari perbuatan-perbatan yang
menghambat kelancaran belajar, i) Siswa rajin bertanya atau mengemukakan
pendapat, dan j) Siswa berpakaian rapi dan lengkap sesuai aturan sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 25 May 2023 06:58
Last Modified: 25 May 2023 06:58
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6292

Actions (login required)

View Item View Item