MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENGINTENSIFKAN SCAFFOLDING PADA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 5 WALENRANG

Widisari, Widisari (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENGINTENSIFKAN SCAFFOLDING PADA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 5 WALENRANG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Widisari.pdf] Text
Widisari.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Widisari, 2011. Meningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran
Kooperatif Dengan Mengintensifkan Scaffolding Pada Siswa Kelas VIIIB
SMP Negeri 5 Walenrang. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Matematika Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
(STAIN) Palopo. Pembimbing (I) Drs. Hasri, M.A., Pembimbing (II)
Nursupiamin, S.Pd.,M.Si.
Kata Kunci : Meningkatkan hasil belajar, pembelajaran kooperatif, scaffolding
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Pelaksanaan
penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus yang dilakukan di SMP Negeri 5
Walenrang yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa
dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan mengintensifkan
scaffolding. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 5
Walenrang pada Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 18 orang.
Pengambilan data dilakukan dengan tes hasil belajar, lembar observasi dan
jurnal tanggapan siswa. Dari data yang terkumpul kemudian dianalisis secara
kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang dicapai setelah dianalisis yaitu : (1)
pada Tes awal diperoleh ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 16,66%
dengan nilai rata-rata 36,94. (2) pada Siklus I, diperoleh ketuntasan belajar siswa
secara klasikal sebesar 44,44% dengan nilai rata-rata 54,50. (3) pada Siklus II,
diperoleh ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 83,33% dengan nilai rata�rata 66,33. Hal ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar matematika dari Siklus I
ke Siklus II. (4) sikap siswa terhadap pendekatan yang dilakukan meningkat dilihat
dari respon siswa terhadap situasi yang diberikan dari Siklus I ke Siklus II.
Dari hasil penelitian ini, secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi
peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIB SMP Negeri 5 Walenrang
setelah penerapan model pembelajaran kooperatif dengan mengintensifkan scaffolding.
Selain itu terjadi peningkatan persentase kehadiran, keaktifan, keberanian, dan rasa
percaya diri siswa dalam proses belajar mengajar sesuai dengan hasil observasi yang
dilakukan selama pelaksanaan penelitian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 25 May 2023 07:15
Last Modified: 25 May 2023 07:15
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6295

Actions (login required)

View Item View Item