MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PERMAINAN KARTU BRIDGE PADA SISWA KELAS II SDN 377 KAMPUNG BARU

Yusdiana, Yusdiana (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PERMAINAN KARTU BRIDGE PADA SISWA KELAS II SDN 377 KAMPUNG BARU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Yusdiana.pdf] Text
Yusdiana.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
YUSDIANA., 2011. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui
Penerapan Permainan (Kartu Bridge) pada Siswa Kelas II SDN
377 Kampung Baru. Skripsi Program Studi Pendidikan
Matematika Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam
Negeri (STAIN) Palopo.
Kata Kunci: Meningkatkan Hasil Belajar, Penerapan Permainan Kartu Bridge
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa
kelas II SDN 377 Kampung Baru melalui penerapan permainan kartu bridge.
Manfaat penelitian ini adalah diharapkan dapat memperbaiki dan
meningkatkan mutu pembelajaran di kelas, dapat membantu sekaligus mempermudah
siswa dalam belajar matematika khususnya pada pokok bahan penjumlahan dan
pengurangan bilangan cacah, serta dapat memberikan masukan yang baik bagi
sekolah dalam rangka perbaikan pembelajaran matematika.
Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus
terdiri dari 4 kali pertemuan yaitu 3 kali pertemuan dalam proses pembelajaran dan 1
kali pertemuannya diadakan tes siklus. Adapun prosedur penelitian tindakan kelas ini
adalah: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Cara pengambilan
data tentang pelaksanaan penerapan permainan diambil dengan menggunakan lembar
observasi dan data tentang hasil belajar siswa dengan menggunakan tes hasil belajar.
Indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah 80% siswa telah
mencapai nilai ≥ 65.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika
siswa kelas II SDN 377 Kampung Baru, dapat dilihat dari hasil belajar matematika
kelas II untuk siklus I mencapai 61,00 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 60,00%.
Selanjutnya pada siklus II mencapai 80,00% dengan nilai rata-rata 70,33.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya permainan
kartu bridge pada siswa kelas II SDN 377 Kampung Baru dalam proses pembelajaran, maka
hasil belajar matematika, kehadiran, dan keaktifan siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 25 May 2023 07:20
Last Modified: 25 May 2023 07:20
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6297

Actions (login required)

View Item View Item