PENGARUH LABEL HALAL DAN TOYYIB TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MEMBELI PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN (STUDI KASUS MASYARAKAT KEC.WARA KOTA PALOPO)

FATIAH, ANNISA NURUL (2022) PENGARUH LABEL HALAL DAN TOYYIB TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MEMBELI PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN (STUDI KASUS MASYARAKAT KEC.WARA KOTA PALOPO). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ANNISA NURUL FATIAH.pdf] Text
ANNISA NURUL FATIAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Annisa Nurul Fatiah, 2022. Pengaruh Label Halal Dan Toyyib Terhadap Kepua�saan Konsumen Membeli Produk Makanan Dan Minuman (studi kasus Masyarakat
Kec.Wara Kota Palopo. Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Islam Negeri Plopo. Dibimbing oleh Muzayyanah Jabani, S.T., M.M
Skripsi ini membahasa tentang pengaruh label halal dan toyyib terhadap kepuassan
konsumen membeli produk makanan dan minuman , Penelitian ini bertujuan untuk
menguji pengaruh variabel label halal terhadap kepuasan konsumen membeli
produk makanan dan minuman ; untuk menguji pengaruh variabel toyyib terhadap
kepuasaan konsumen membeli produk makanan dan minuman ; untuk menguji�pengaruh variabel label halal dan toyyib secara simultan terhadap kepuasaan kon�sumen membeli produk makan dan minuman. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan menggunkan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu
masyarakat kecamatan wara kota palopo yang terdiri dari 33.878 jiwa. Pegambilam
jumlah sampel dilakukan dengan rumus slovindan didapatkan jumlah sampel
sebanyak 97 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random
sampling, dimana sampel diambil secara acak sehingga semua populasi mempunyai
peluang dan kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel. Hasil dari penelitian
menunjukan bahwa : 1) Variabel label halal (X1) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuassan konsumen (Y) dimana T hitung 2,235 > 0,198 T tabel dan nilai
signifikan sebesar 0,28 (0,28 < 0,05). 2) Variabel toyyib (X2) berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kepuasaan konsumen (Y) dimana T hitung 4,349 > 0,198
Ttabel dan nilai signifikan 0,000 (0,000 < 0,05). 3) Variabel label halal dan toyyib
berpengaruh secar simultan terhadap kepuasaan konsumen dimana nilai F hitung
16,145 > 2,70 F table dan nilai signifikan 0,000 (0,000 ,< 0,05) dan berkontribusi
secara Bersama-sama terhadap kepuasaan konsumen sebesar 25,6%.
Kata Kunci : Label Halal,Toyyib,Kepuasaan Konsume

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 29 May 2023 06:45
Last Modified: 29 May 2023 06:45
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6350

Actions (login required)

View Item View Item