PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQHI MELALUI PENDEKATAN PQ4R PADA KELAS IX DI MTs BATUSITANDUK KEC. WALENRANG UTARA KAB. LUWU

Asriani, Asriani (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQHI MELALUI PENDEKATAN PQ4R PADA KELAS IX DI MTs BATUSITANDUK KEC. WALENRANG UTARA KAB. LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Asriani.pdf] Text
Asriani.pdf

Download (1MB)

Abstract

A B S T R A K
Asriani, 2013, Peningkatan Hasil Belajar Fiqhi Melalui Pendekatan PQ4R pada
Siswa kelas IX MTs Batusitanduk Kec Walenrang Utara Kab Luwu.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah,
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. Drs. Nurdin K.,
M.Pd., selaku pembimbing I, dan Muh. Irfan Hasanuddin, S.Ag., M.A.,
selaku pembimbing II
Kata Kunci : peningkatan hasil belajar, Fiqhi, Pendekatan PQ4R
Skripsi ini membahas tentang metode yang digunakan oleh guru, dalam
hal ini adalah melakukan pendekatan PQ4R untuk meningkatkan hasil belajar
Fiqhi pada siswa kelas IX MTs Batusitanduk. Tujuan penelitian yaitu untuk
mengetahui bagaimana proses penerapan pendekatan PQ4R dalam meningkatkan
hasil belajar Fiqhi pada siswa kelas IX MTs Batusitanduk, dan untuk mengetahui
apakah penerapan pendekatan PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar Fiqhi pada
kelas IX di MTs Batusitanduk.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian tindakan kelas,
karena sangat berkaitan dengan upaya perbaikan praktik pembelajaran di kelas.
Adapun model PTK yang dipilih adalah model Kurt Lewin. Model ini terdiri atas
empat komponen dalam satu siklus, yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3)
observasi, dan (4) refleksi. Subyek penelitian yaitu kelas IX.A yang berjumlah 38
orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil observasi dan
dokumentasi dianalisis secara kualitatif, sedangkan hasil tes dianalisis secara
kuantitatif yang menggunakan teknik kategorisasi. Kategorisasi yang digunakan
yaitu penilaian acuan patokan (PAN)
Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan pendekatan PQ4R dapat
meningkatkan prestasi siswa kelas IX.A MTs Batusitanduk Kec Walenrang Utara
Kab Luwu tentang pokok bahasan pinjam meminjam dan utang piutang, gadai
dan borg. Hal itu dapat dilihat dari nilai rata-rata yaitu 54,82 menjadi 76,59 yang
dimana terjadi peningkatan rata-rata sebesar 39,72%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 30 May 2023 23:59
Last Modified: 30 May 2023 23:59
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6395

Actions (login required)

View Item View Item