PENGARUH PENGETAHUAN, LOKASI, PROMOSI DAN BUDAYA TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENABUNG DI BANK SYARIAH (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DESA CAKKEAWO, KEC. SULI, KAB LUWU)

HUDA, NUR (2022) PENGARUH PENGETAHUAN, LOKASI, PROMOSI DAN BUDAYA TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENABUNG DI BANK SYARIAH (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DESA CAKKEAWO, KEC. SULI, KAB LUWU). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NUR HUDA.pdf] Text
NUR HUDA.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Huda, 2018. “Pengaruh Pengetahuan, Lokasi, Promosi, dan Budaya
Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus
Pada MAsyarakat Desa Cakkeawo, Kec. Suli, Kab. Luwu)”. Skripsi
Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Megasari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, lokasi,
promosi dan budaya terhadap minat masyarakat Desa Cakkeawo untuk menabung
di bank syariah. Adapun yang melatarbelakangi penulis tertarik untuk membuat
skripsi ini didasarkan pada hasil pengamatan dan observasi awal penulis lakukan.
Di mana minat masyarakat di Desa Cakkeawo, Kec. Suli adalah mayoritas
masyarakat muslim, namun kesadaran masyarakat di Desa Cakkeawo untuk
menabung atau bertransaksi menggunakan bank syariah dirasa masih minim. Jenis
penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data
melalui studi kepustakaan dan studi lapangan yang meliputi observasi dan
penyebaran angket kepada 100 masyarakat di Desa Cakkeawo. Adapun dalam
penentuan sampel penulis, menggunakan metode slovin yaitu teknik sampling
yang digunakan oleh peneliti mempunyai pertimbangan-pertimbangan tertentu di
dalam pengambilan sampelnya. Metode Analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier
berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi R2
. Dari hasil pengolahan data
tersebut menunjukkan bahwa secara parsial faktor pengetahuan, lokasi, promosi
dan budaya berpengaruh terhadap minat masyarakat Desa Cakkeawo menabung di
bank syariah, sedangkan faktor paling dominan berpengaruh secara signifikan
yaitu pada variabel pengetahuan dimana secara parsial berpengaruh terhadap
minat masyarakat Desa Cakkeawo menabung di bank syariah dengan tingkat
signifikan 0,000 dan nilai Thitung>Ttabel (8,123>0,667). Secara simultan
menunjukkan hasil bahwa keempat variabel faktor tersebut berpengaruh terhadap
minat masyarakat Desa Cakkeawo, Kec. Suli, menabung di bank syariah dengan
tingkat signifikan 0,000.
Kata kunci : Pengetahuan, Lokasi, Promosi, Budaya, Minat Menabung
Masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 31 May 2023 00:09
Last Modified: 31 May 2023 00:09
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6397

Actions (login required)

View Item View Item