STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PRODUK TABUNGAN DI BANK MUAMALAT KCP PALOPO

DEFIYANTI, DEFIYANTI (2022) STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PRODUK TABUNGAN DI BANK MUAMALAT KCP PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of DEFIYANTI.pdf] Text
DEFIYANTI.pdf

Download (984kB)

Abstract

ABSTRAK
Defiyanti, 2022. “ Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Jumlah
Nasabah Produk Tabungan Di Bank Muamalat KCP Palopo”.
Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakulats Ekonomi dan
Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh M. Ikshan Purnama, S.E.Sy.,M.E.
Strategi pemasaran sesungguhnya merupakan fungsi utama dalam suatu
perusahaan karena tanpa pemasaran barang yang diproduksi tidak ada gunanya.
Untuk mendukung proses pemasaran para manager pemasaran adalah
bertanggung jawab atas pengembangan dan pengelolaan strategi pemasaran
tersebut dan bauran pemasaran merupakan panduan atau fungsi strategi jangka
waktu panjang dan jangka pendek dalam pemasaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi
pemasaran yang dilakukan Bank Muamalat KCP Palopo dalam upaya
meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan; kendala-kendala apa saja yang
dihadapi Bank Muamalat KCP Palopo dalam meningkatkan jumlah nasabah
produk tabungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan pada
penelitian ini terdiri dari Relationship Manager, Customer Service serta nasabah
bank muamalat. Data diperoleh melalui wawancara. Selanjutnya teknik analisis
data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang
dijalankan bank dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk tabungan ke
xxvi
berbagai tempat, mempromosikan produk tabungan melalui media cetak maupun
media elektronik seperti facebook, instagram dan WhatsApp. Adapun strategi
yang dilakukan diluar strategi yang ada yaitu sebuah ide yang muncul secara
spontanitasi yang tidak terencana ketika melihat situasi yang ramai. Kendala�kendala yang dihadapi bank dalam memasarkan bank muamalat adalah masih
kurang minat masyarakat dalam menabung, masih terbatas ATM dan
bangunannya masih sedikit.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Peningkatan Nasabah, Produk Tabungan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 31 May 2023 00:19
Last Modified: 31 May 2023 00:19
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6400

Actions (login required)

View Item View Item