HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI I BAJO

Musir, Irmatiana (2013) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI I BAJO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Irmatiana Musir.pdf] Text
Irmatiana Musir.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Irmatiana Musir, 2013, ”Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar
Siswa Kelas VII SMP Negeri I Bajo”, Program Studi Pendidikan
Agama Islam Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
(STAIN) Palopo. Pembimbing (I) Dr. H. Bulu K, M.Ag., Pembimbing
(II) Dr. Muhaemin.,M.A
Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar.
Dalam penulisan skripsi ini terdapat tiga tujuan yang ingin dicapai, yaitu
untuk mengetahui: 1) bagaimana tingkat kecerdasan emosional siswa kelas VII SMP
Negeri I Bajo, 2) bagaiman tingkat prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri I
Bajo, 3) hubungan kecerdasan emosional dengan prstasi belajar siswa kelas VII SMP
Negeri I Bajo.
Penelitian ini adalah penelitian analisis kuantitatif. Dimana teknik sampling
yang digunakan adalah proposional random sampling, dengan jumlah sampel 48
orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah interwiew,
dokumentasi dan angket. Adapun data yang diperoleh dilapangan diolah
menggunakan teknik analisis statistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tingkat kecerdasan emosional siswa
kelas VII SMP Negeri I Bajo cukup baik. Hal ini terbukti dengan perolehan rat-rata
mencapai 49,00. 2) tingkat prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri I Bajo sangat
baik. Hal ini terbukti dengan perolehan hasil belajar mencapai rata-rata 81,04 3) ada
hubungan positif atau signifikan dari kecerdasan emosional dengan prestasi belajar
siswa kelas VII SMP Negeri I Bajo. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa
koefisien korelasi kecerdasan emisonal dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP
Negeri I Bajo 0,602 dengan taraf signifikan 5%. Hal ini berarti, hubungan kecerdasan
emosional dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri I Bajo mempunyai
korelasi yang sedang atau cukup.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 31 May 2023 00:47
Last Modified: 31 May 2023 00:47
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6405

Actions (login required)

View Item View Item