Penerapan Kecerdasan Emosi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kelas VIII di SMPN 2 Walenrang Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu

Juarni, Juarni (2013) Penerapan Kecerdasan Emosi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kelas VIII di SMPN 2 Walenrang Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Juarni.pdf] Text
Juarni.pdf

Download (920kB)

Abstract

ABSTRAK
Juarni, 2013, “Penerapan Kecerdasan Emosi Dalam Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam Pada Kelas VIII di SMPN 2 Walenrang Kecamatan Walenrang
Kabupaten Luwu.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan
Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo.
Pembimbing : Drs. Nurdin K., M.Pd. dan Hj. Fausiah Zainuddin, S.Ag., M.Ag.
Kata kunci : Penerapan Kecerdasan Emosi dan Pendidikan Agama Islam.
Skripsi ini membahas tentang penerapan kecerdasan emosi dalam
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kelas VIII di SMPN 2 Walenrang
Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu. Penelitian diarahkan pada dua fokus
penelitian yakni : (1) Bentuk penerapan kecerdasan emosi pada pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Walenrang. (2) faktor-faktor yang dapat
mendukung penerapan kecerdasan emosi dalam pembelajaran Pendidikan Agama
Islam pada kelas VIII di SMPN 2 Walenrang Kec. Walenrang Kab. Luwu.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2
Walenrang dengan jumlah siswa 62 siswa, dipilih sampel sebanyak 30 siswa secara
Purposive Sampling. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara,
kuesioner. Sedangkan teknik analisis data digunakan pendekatan model Milles and
Huberman yang terdiri dari 4 aktivitas yakni pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa : (1) Bentuk
penerapan kecerdasan emosi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada kelas
VIII di SMPN 2 Walenrang Kec. Walenrang Kab. Luwu yaitu penerapan metode
keagamaan (religius) yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits yaitu pendekatan
dengan metode Uswah (teladan) dan metode Mau’Isah (Nasehat). (2) Faktor-faktor
yang mendukung penerapan kecerdasan emosi di SMPN 2 Walenrang adalah
kemampuan guru dalam mengenal emosi diri (kesadaran diri) dan kemampuan
memotivasi diri, serta sarana dan prasarana dan jumlah guru yang cukup memadai.
Sedangkan faktor-faktor penghambat adalah kurangnya kemampuan guru dalam hal
mengelolah emosi orang lain, serta kurangnya kemampuan guru dalam mengelolah
emosi diri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 31 May 2023 01:02
Last Modified: 31 May 2023 01:02
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6407

Actions (login required)

View Item View Item