PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI PERSEPSI PADA SISWA SMPN 8 PALOPO)

Jumhari, Jumhari (2012) PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI PERSEPSI PADA SISWA SMPN 8 PALOPO). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Jumhari.pdf] Text
Jumhari.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Jumhari, 2012 “Pengaruh Motivasi dan Disiplin terhadap Prestasi Belajar
Pendidikan Agama Islam (Studi Persepsi pada Siswa SMPN 8
Palopo)”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan
Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo.
Pembimbing (1) Sukirman Nurdjan, S.S., M.Pd. (2) Munir Yusuf, S.Ag.,
M.Pd.
Kata Kunci: Motivasi, Disiplin, dan Prestasi Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh positif motivasi
terhadap prestasi belajar PAI siswa SMPN 8 Palopo, (2) Mengetahui pengaruh
positif disiplin terhadap prestasi belajar PAI siswa SMPN 8 Palopo, dan (3)
Mengetahui pengaruh positif motivasi dan disiplin secara bersama-sama terhadap
prestasi belajar PAI siswa SMPN 8 Palopo.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 8 Palopo
berjumlah 225 siswa dari 8 kelas. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel
penelitian ini adalah dengan menggunakan proporsional random sampling sehingga
jumlah sampel sebanyak 140. Variabel dalam penelitian ini adalah motivasi (X1) dan
disiplin (X2) sebagai variabel bebas serta prestasi belajar (Y) sebagai variabel terikat.
Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan teknik kuesioner (angket) dan dokumentasi .
Hasil pengujian dengan menggunakan program Statistical Analysis SPSS
Windows Release 18 diketahui nilai koefisien korelasi untuk variabel motivasi sebesar
0.879 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh positif antara motivasi belajar terhadap
prestasi belajar siswa di SMPN 8 Palopo atau Ha diterima. Untuk variabel disiplin
diketahui nilai koefisien korelasi sebesar 0.948 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh positif antara disiplin siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 8
Palopo atau Ha diterima. Hasil pengujian secara simultan diketahui nilai koefisien
korelasi sebesar 0.948 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh positif antara motivasi
belajar dan disiplin siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 8 Palopo atau Ha
diterima.
Guru sebagai tenaga pendidik memiliki peran yang sangat penting dalam
menyukseskan anak didiknya dalam mencapai prestasi yang cemerlang. Salah satu
faktor yang sangat berperan penting dalam pencapaian prestasi siswa adalah adanya
motivasi belajar dan disiplin siswa. Oleh karena itu, setiap guru dalam proses
pembelajaran hendaknya senantiasa memberikan semangat dan dorongan motivasi
kepada siswa serta memahamkan kepada mereka tentang aturan-aturan yang harus
dipatuhi dan cara mematuhinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 31 May 2023 01:18
Last Modified: 31 May 2023 01:18
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6410

Actions (login required)

View Item View Item