PERANAN GURU AGAMA DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MI DATOK SULAIMAN PALOPO

Rihlah, Najma (2011) PERANAN GURU AGAMA DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MI DATOK SULAIMAN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Najma Rihlah.pdf] Text
Najma Rihlah.pdf

Download (909kB)

Abstract

ABSTRAK
Najma Rihlah, 2011 Pernana Guru Dalam Pembinaan Akhlak Siswa di MI Datok
Sulaiman Palopo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan
Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing
I Drs. Abdul Muin Razmal, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj. A. Riawarda.
M.Ag.
Kata Kunci : Peranan, Guru dan Akhlak
Skripsi ini membahas tentang Peranan Guru Dalam Pembinaan Akhlak
Siswa di MI Datok Sulaiman Palopo. Dalam hal ini penulis ingin memperoleh data
tentang (1) Bagaimana peran guru dalam membina akhlak siswa di MI Datok
Sulaiman Palopo, (2) Kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh guru dalam
membina akhlak siswa di MI Datok Sulaiman Palopo, (3) Langkah-langkah apa yang
harus ditempuh oleh guru dalam pembinaan akhlak siswa di MI Datok Sulaiman
Palopo.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif.
Populasi penelitian ini berjumlah 202 orang, terdiri dari 12 guru dan 190 siswa kelas I
sampai kelas VI. Sampel yang digunakan dengan pengambilan secara acak berjumlah
24 orang, terdiri dari 3 guru dan 21 siswa kelas III, IV dan V. Selanjutnya dalam
pengumpulan data, penulis menggunakan cara observasi, wawancara, angket, dan
dokumentasi. Pada teknik analisis data, digunakan jenis data penelitian kuantitatif,
kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik penyajian tabel frekwensi dan
analisis statistik deskriptif.
Dari Hasil penelitian menunjukan bahwa guru memiliki peranan penting
dalam pembinaan akhlak siswa, dimana peranan guru menggambarkan pola tingkah
siswa yang dihasilkan melalui proses pembelajaran akhlak yang dilakukan melalui
teori dan praktek, sehingga dapat ditiru oleh siswa dan diaplikasikannya dalam
kehidupan sehari-hari. Adapun kendala yang dihadapi oleh guru yakni, salah satunya
guru mengalami kesulitan dalam melakukan perannya dalam pembinaan akhlak
secara maksimal, karena keterbatasan waktu di Madrasah dimana peralihan tanggung
jawab sepenuhnya dari orang tua siswa kepada guru, namun guru tetap berusaha
mengatasi hal itu dengan berbagai cara salah satunya melakukan pendekatan kepada
siswa dengan menempatkan diri sebagai sahabat dan tidak melakukan penekanan
yang dapat menghambat kreatifitas siswa dalam melakukan sesuatu.Sehingga apa
yang ingin diinginkan oleh guru dapat tercapai secara maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 31 May 2023 06:00
Last Modified: 31 May 2023 06:00
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6423

Actions (login required)

View Item View Item