PENGARUH KEPRIBADIAN DAN KEWIBAWAAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA MUHAMMADIYAH PALOPO

Nengsi, Nengsi (2012) PENGARUH KEPRIBADIAN DAN KEWIBAWAAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA MUHAMMADIYAH PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Nengsi.pdf] Text
Nengsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nengsi, 2012 “Pengaruh Kepribadian dan Kewibawaan Guru terhadap
Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI di SMA
Muhammadiyah Palopo”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)
Palopo. Pembimbing (1) Drs. Syamsu Sanusi, M.Pd.I. (2) Mawardi,
S.Ag., M.Pd.I.
Kata Kunci: Kepribadian, Kewibawaan, Prestasi
Dalam penelitian ini diajukan beberapa rumusan masalah, yaitu: (1)
Bagaimana kepribadian dan kewibawaan guru PAI di SMA Muhammadiyah
Palopo? (2) Bagaimanakah prestasi belajar peserta didik SMA Muhammadiyah
Palopo dalam bidang studi PAI? dan (3) Adakah pengaruh kepribadian dan
kewibawaan guru terhadap prestasi belajar peserta didik di SMA Muhammadiyah
Palopo. Adapun tujuan dari penelitian untuk: (1) Mengetahui kepribadian dan
kewibawaan guru PAI di SMA Muhammadiyah Palopo, (2) Mengetahui prestasi
belajar peserta didik SMA Muhammadiyah Palopo dalam bidang studi PAI, dan (3)
Mengetahui pengaruh kepribadian dan kewibawaan guru terhadap prestasi belajar
peserta didik di SMA Muhammadiyah Palopo.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SMA
Muhammadiyah Palopo yang berjumlah 73 siswa dari 3 tingkatan kelas. Teknik
yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah dengan
menggunakan total sampling sebab populasi kurang dari 100 orang. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) Guru
pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah Palopo memiliki kepribadian dan
kewibawaan yang baik. (2) Peserta didik di SMA Muhammadiyah Palopo sudah
dapat mencapai standar minimum KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) dan
sebagian besar peserta didik mendapat nilai yang baik, sehingga dapat dikatakan
bahwa peserta didik di sekolah tersebut memiliki prestasi belajar PAI yang baik. (3)
Ada hubungan positif antara kepribadian dan kewibawaan guru terhadap prestasi
belajar peserta didik di SMA Muhammadiyah Palopo.
Penulis menyarankan kepada seluruh tenaga pengajar yang ada di SMA
Muhammadiyah Palopo hendaknya senantiasa meningkatakan kompetensi mereka
dalam penguasaan dan penyajian materi agar para peserta didik dapat memahami
dengan baik apa yang telah diajarkan, senantiasa memberikan semangat, dorongan,
dan nasehat sebelum memulai pelajaran. Dan yang tak kalah pentingnya adalah
memiliki kepribadian dan kewibawaan sehingga mampu mendidik dan memberikan
pengaruh kepada seluruh peserta didik, dengan harapan prestasi belajar dapat
tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 31 May 2023 06:41
Last Modified: 31 May 2023 06:41
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6424

Actions (login required)

View Item View Item