PERANAN ORANG TUA MELALUI PENDEKATAN KEAGAMAAN DAN EMOSIONAL DALAM MEMOTIVASI SISWA DI SDN 437 KARIAKO KEC. PONRANG SELATAN KAB. LUWU

Nirwana, Nirwana (2011) PERANAN ORANG TUA MELALUI PENDEKATAN KEAGAMAAN DAN EMOSIONAL DALAM MEMOTIVASI SISWA DI SDN 437 KARIAKO KEC. PONRANG SELATAN KAB. LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Nirwana.pdf] Text
Nirwana.pdf

Download (890kB)

Abstract

ABSTRAK
Nirwana, 2011: “Peranan Orang Tua Melalui Pendekatan Keagamaan dan Emosional
Dalam Memotivasi Siswa di SDN 437 Kariako Kecamatan Ponrang
Selatan Kabupaten Luwu.” Jurusan Tarbiyah Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Pembimbing I, Drs. Masmuddin, M. Ag.,
Pembimbing II, Dra. Baderiah, M. Ag.
Kata kunci: Orang Tua, Pendekatan Keagamaan dan Emosional, Motivasi.
Skripsi ini membahas tentang Peranan Orang Tua Melalui Pendekatan
Keagamaan dan Emosional Dalam Memotivasi Siswa di SDN 437 Kariako Kecamatan
Ponrang Selatan Kabupaten Luwu. Yang menjadi pembahasan utama penelitian ini
adalah Peranan Orang Tua Melalui Pendekatan Keagamaan dan Emosional Dalam
Memotivasi Siswa di SDN 437 Kariako Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu.
Dalam hal ini penulis ingin memperoleh data tentang (1) Bagaimana pengaruh Orang
tua terhadap siswa di SDN 437 Kariako Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu, (2)
Bagaimana peranan orang tua melalui pendekatan keagamaan dan emosional dalam
memotivasi siswa SDN 437 Kariako Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu, (3)
Bagaimana hubungan orang tua dan guru dalam pendidikan di SDN 437 Kariako
Kecamatan Ponrang kabupaten Luwu.
Dalam konteks penelitian ini, peneliti menggunakan desain penelitian kualitatif
yang bersifat eksploratif untuk menguraikan sifat dan karakter terhadap fenomena.
Jumlah populasi keseluruhan adalah 212 siswa. Penelitian ini mengambil sampel satu
kelas yakni kelas empat dari enam tingkatan kelas. Selanjutnya dalam pengumpulan
data, penulis menggunakan cara: Library research (studi kepustakaan), Field Research
(studi lapangan) sperti; observasi, dokumentasi wawancara, Kuesioner (angket).
Selanjutnya peneliti menganalisis data yang diperoleh dengan teknik deduktif. teknik
induktif dan teknik komperatif.
Berdasarkan hasil riset dari penelitian ini menunjukkan bahwa:
1. Pengaruh Orang tua terhadap siswa di SDN 437 Kariako Kecamatan Ponrang
kabupaten Luwu, cukup baik dapat diketahui pada evaluasi belajarnya di sekolah.
2. Peranan orang tua melalui pendekatan keagamaan dan emosional dalam memotivasi
siswa SDN 437 Kariako Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu, terlaksana dengan baik
dalam menggali potensi peserta didik demi masa depan.
3. Hubungan orang tua dan guru dalam pendidikan di SDN 437 Kariako desa Buntu
Karya Kecamatan Ponrang kabupaten Luwu, berjalanan dengan baik dan lancar, hal ini
diketahui berdasarkan pada tingkat prestasi yang di hasilkan oleh peserta didik.
Sebagai penutup, dengan selesainya penelitian ini, para guru, staf secara
bersama-sama meningkatkan peran dan fungsinya baik sebagai pendidik, pengajar,
maupun sebagai pengelola sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 31 May 2023 07:32
Last Modified: 31 May 2023 07:32
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6427

Actions (login required)

View Item View Item