KONSTRIBUSI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLIAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI MAKALE KABUPATEN TANA TORAJA

Rahmat, Rahmat (2013) KONSTRIBUSI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLIAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI MAKALE KABUPATEN TANA TORAJA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Rahmat.pdf] Text
Rahmat.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Rahmat, 2013. “Konstribusi Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kedisiplinan
Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Makale Kabupaten Tana Toraja”,
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam. Jurusan Tarbiyah
Pembimbing (1) Sukirman Nurdjan, S.S., M.Pd. (2) Mawardi, S.Ag., M.Pd.I.
Kata Kunci : akidah akhlak, kedisplinan siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Kondisi kedisiplinan siswa
kaitannya dengan tata tertib sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri Makale
Kabupaten Tana Toraja (2) Langkah-langkah yang ditempuh oleh guru mata
pelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan siswa mematuhi tata tertib
sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri Makale Kabupaten Tana Toraja, dan (3)
Kendala-kendala yang dihadapi dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs.
Negeri Makale dan solusi penyelesaiannya.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat
deskriptif, sehingga dalam menganalisis data penulis menggunakan metode deskriptif
kualitatif. Adapun metode pengumpulan data penulis menggunakan pengamatan
berperan serta (observasi), metode wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi kedisiplinan siswa terhadap
tata tertib sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri Makale Kabupaten Tana Toraja
pada dasarnya terbagi ke dalam dua kategori, yaitu kategori yang taat dan patuh
terhadap tata tertib sekolah, sedangkan kategori kedua adalah yang kurang paham
urgensinya materi akidah akhlak. Langkah-langkah yang ditempuh oleh guru mata
pelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dalam rangka
mematuhi tata tertib sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri Makale
diselenggarakan dengan 3 (tiga) pendekatan, yaitu: pertama, menanamkan nilai-nilai
keimanan, kedua, menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah, dan ketiga, menanamkan
nilai-nilai sosial.
Kendala-kendala yang dihadapi dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di
MTs Negeri Makale dan solusi penyelesaiannya, meliputi: pertama, rendahnya
kesadaran siswa terhadap keutamaan disiplin. Kedua, sikap guru yang apatis.
Sedangkan upaya yang dilakukan guru adalah MTs. Negeri Makale senantiasa
mengedepankan mutu dan kualitas pendidikan tentunya tidak terlepas dari guru
profesional setidaknya memiliki dua kemampuan yang meliputi : pertama,
pengetahuan yang sifatnya teoritis, peran profesional guru dalam meningkatkan
kedisiplinan peserta didik tentunya inovasi pembelajaran terletak pada kemampuan
guru dalam mendesain program pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta
didik dan mengkomunikasikannya dengan baik sehingga guru dapat menentukan
pendekatan dan metode yang efektif dalam mengembangkan kemampuan kognitif,
afektif dan psikomotorik peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 05 Jun 2023 06:44
Last Modified: 05 Jun 2023 06:44
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6468

Actions (login required)

View Item View Item