ANALISIS FAKTOR YANG DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH ALMAWASIR PADANG KALUA KEC. LAMASI KAB. LUWU

Silpiani, Rini (2013) ANALISIS FAKTOR YANG DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH ALMAWASIR PADANG KALUA KEC. LAMASI KAB. LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Rini Silpiani.pdf] Text
Rini Silpiani.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rini Silpiani. 2013, Analisis Faktor yang dapat Meningkatkan Prestasi
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah
Ibtidaiyah Almawasir Padang Kalua Kec. Lamasi kab. Luwu. Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah. Pembimbing I
Drs. Hisban Thaha, M.Ag. Pembimbing Dra. Fatmarida Sabani, M.Ag.
Skripsi ini bertujuan mengetahui (1) Gambaran pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Almawasir Padang Kalua Kab. Luwu; (2)
Faktor yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Almawasir Padang Kalua Kab.
Luwu; (3) Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Almawasir Padang
Kalua Kab. Luwu.
Dalam konteks penelitian ini, penulis menggunakan dua jenis penelitian,
yaitu: (1) Jenis penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif yaitu penelitian yang
berusaha untuk menguraikan pemecahan masalah yang ada berdasarkan data, uji
persyaratan data, dan interpretasi hasil; (2) penelitianJenis Penelitian kualitatif yaitu
penelitian yang terbatas pada usaha mengungkapkan suatu masalah dan keadaan
sebagaimana adanya, sehingga hanya merupakan penyingkapan fakta. Dalam
penelitian ini, yang menjadi populasi adalah seluruh guru di Madrasah Ibtidaiyah
Almawasir Padang Kalua Kabupaten Luwu dan siswa dengan rincian: guru sebanyak
10 orang, siswa sebanyak 120 orang dan orang tua siswa sebanyak 84 orang. Sampel
dalam penelitian ini yaitu guru Pendidikan Agama Islam (al-Qur’an Hadits, Fiqih,
Akidah Akhlak, dan SKI), siswa kelas V dan orang tua siswa dengan rincian: guru
Pendidikan Agama Islam sebanyak 4 orang, siswa kelas V sebanyak 24 orang, dan
orang tua siswa sebanyak 3 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik Purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Almawasir Padang Kalua Kab.
Luwu selama ini masih masih menggunakan sistem satu arah, dalam arti kegiatan
pembelajaran hanya guru yang aktif dan cenderung berperan sebagai sumber
informasi bagi peserta didik; (2) Faktor-faktor yang dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah
Almawasir Padang Kalua Kab. Luwu terdiri atas dua, yaitu faktor internal dan faktor
eksternal. Adapun faktor internal yaitu minat siswa untuk belajar, motivasi siswa
untuk belajar, kesadaran siswa untuk belajar, dan fisik siswa. Adapun faktor
eksternal yaitu metode mengajar yang digunakan oleh guru, media pembelajaran, dan
suasana kelas ketika proses pembelajaran berlangsung; (3) Upaya yang dilakukan
untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendiidkan agama
Islam di Madrasah Ibtidaiyah Almawasir Padang Kalua Kab. Luwu yaitu
menciptakan suasana yang menyenangkan dalam proses pembelajaran, dan
menciptakan interaksi yang baik antara guru dengan siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 05 Jun 2023 07:18
Last Modified: 05 Jun 2023 07:18
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6472

Actions (login required)

View Item View Item