PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SATAP PARANTA KECAMATAN WALENRANG BARAT

Risma, Risma (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SATAP PARANTA KECAMATAN WALENRANG BARAT. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Risma.pdf] Text
Risma.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Risma, 2013 “Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada
Siswa Kelas VIII SMP Negeri SATAP Paranta Kec. Walenrang
Barat". Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan
Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo.
Pembimbing (1) Dr. Abdul Pirol, M.Ag. (2) Munir Yusuf, S.Ag., M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation.
Skripsi ini membahas tentang Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam
Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Siswa
Kelas VIII SMP Negeri SATAP Paranta Kec. Walenrang Barat. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana model pembelajaran
kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan strategi dan kualitas
pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri SATAP Paranta? 2)
Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat
meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam di SMP Negeri SATAP
Paranta?
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek
penelitian siswa kelas VIII SMPN SATAP Paranta Kec. Walenrang Barat tahun
ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua
siklus tindakan. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama
kegiatan pembelajaran PAI berlangsung dengan model pembelajaran kooperatif
tipe Group Investigation menggunakan lembar observasi kegiatan siswa, hasil
tugas siswa, angket respon siswa, dokumentasi, dan wawancara. Adapun data
yang diperoleh dari lembar observasi kegiatan dan angket respon siswa dianalisis
dengan menghitung persentase dari keseluruhan aspek yang diamati.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Model pembelajaran kooperatif tipe
Group Investigation dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri SATAP Paranta
dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta mampu meningkatkan hasil
belajar siswa, hal tersebut dapat dilihat pada skor hasil belajar siswa pada siklus I
yang mengalami peningkatan pada siklus II, selain itu diperkuat pula oleh hasil
analisis angket yang diberikan kepada siswa dan nilai pre-test dan pos-test siswa.
2) Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan
hasil belajar PAI di SMP Negeri SATAP Paranta. Hal tersebut dapat dilihat pada
siklus I di mana pada siklus I skor rata-rata siswa adalah 65. Kemudian pada
siklus II mengalami peningkatan hasil belajar dengan rata-rata nilai keseluruhan
responden adalah 74. Dengan demikian, nampak jelas adanya peningkatan hasil
belajar siswa dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 05 Jun 2023 07:28
Last Modified: 05 Jun 2023 07:28
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6475

Actions (login required)

View Item View Item