PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NO. 24 BATU MERAH KECAMATAN WALENRANG KABABUPATEN LUWU

Rismayanti, Rismayanti (2013) PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NO. 24 BATU MERAH KECAMATAN WALENRANG KABABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Rismayanti.pdf] Text
Rismayanti.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Rismayanti. 2013 “Pengembangan Kurikulum dalam Proses Pembelajaran PAI
di Madrasah Ibtidaiyah No. 24 Batu Merah Kecamatan walenrang
Kabupaten Luwu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri, Pembimbing (I),
Drs. Syamsu Sanusi, M.Pd.I., Pembimbing (II), Nursaeni, S.Ag., M.Pd.
Kata kunci: Pengembangan, Kurikulum, Pembelajaran PAI .
Skripsi ini membahas tentang bentuk pengembangan kurikulum dalam proses
pembelajaran PAI, dan upaya pengembangan kurikulum PAI, serta hambatan dan
solusi pengembangan kurikulum PAI pada Madrasah Ibtidaiyah No. 24 Batu Merah .
Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, maka penulis menggunakan metode
kepustakaan sebagai landasan teori, dan metode lapangan sebagai metode
mengumpulkan data di lokasi penelitian melalui observasi, interview, dan
dokumentasi.
Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat dikemukakan bahwa gambaran
bentuk pengembangan kurikulum dalam proses pembelajaran PAI yang dilaksanakan
di Madrasah Ibtidaiyah No. 24 Batu Merah dituangkan dalam berbagai kegiatan
sekolah yang telah terjadwal pada kalender pendidikan sekolah, seperti pada kegiatan
amaliah ramadhan dan lomba antar kelas pasca ujian semester, demikian pula pada
pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler yang semua dapat mengacu pada materi pokok
yang terdapat dalam kurikulum PAI,
Upaya yang dilakukan dalam pengembangan kurikulum PAI pada Madrasah
Ibtidaiyah No. 24 Batu Merah Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu yaitu
menyelesaikan materi pokok yang tertuang pada kurikulum PAI dengan mengambil
inisiatif di luar jam pembelajaran efektif karena terbatasnya waktu yang dialokasikan
untuk bidang studi PAI. Selain itu, mencermati tingkat pemahaman siswa terhadap
materi yang disampaikan oleh guru sekaligus mengetahui tingkat kesulitan yang
dihadapi oleh siswa terhadap materi yang disampaikan.
Hambatan pengembangan kurikulum PAI pada Madrasah Ibtidaiyah No. 24
Batu Merah Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu, yaitu minimnya alokasi waktu
yang tersedia untuk menyelesaikan materi PAI yang tertuang dalam kurikulum PAI,
solusinya mengadakan kegiatan belajar di sore hari (ekstrakurikuler) agar materi PAI
dapat terselesaikan dengan tepat waktu, selain itu kurangnya sarana pendukung untuk
mengefektifkan proses belajar mengajar PAI, solusinya dibebankan terhadap siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 05 Jun 2023 23:45
Last Modified: 05 Jun 2023 23:45
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6476

Actions (login required)

View Item View Item