NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 3 WALENRANG KAB. LUWU

Sabdia, Sabdia (2013) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 3 WALENRANG KAB. LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Sabdia.pdf] Text
Sabdia.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Sabdia. 2013, Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Pendidikan
Karakter di SMP Negeri 3 Walenrang Kabupaten Luwu. Skripsi Program
Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah. Pembimbing I Drs.
Syamsu Sanusi, M.Pd.I. pembimbing II Dra. Hj. Riawarda, M.Ag.
Kata Kunci: Nilai-nilai, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Karakter.
Skripsi ini membahas masalah: (1) Bagaimana upaya guru dalam menanamkan nilai�nilai Pendidikan Agama Islam yang terdapat dalam kurikulum pendidikan karakter
pada siswa di SMP Negeri 3 Walenrang Kab. Luwu? (2) Apa faktor penghambat
pengaplikasian nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang terdapat dalam kurikulum
pendidikan karakter pada siswa di SMP Negeri 3 Walenrang Kab. Luwu? (3) Apa
faktor pendukung pengaplikasian nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang terdapat
dalam kurikulum pendidikan karakter pada siswa di SMP Negeri 3 Walenrang Kab.
Luwu?
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Upaya guru dalam menanamkan
nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang terdapat dalam kurikulum pendidikan
karakter pada siswa di SMP Negeri 3 Walenrang Kab. Luwu; (2) Faktor penghambat
pengaplikasian nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang terdapat dalam kurikulum
pendidikan karakter pada siswa di SMP Negeri 3 Walenrang Kab. Luwu. (3) faktor
pendukung pengaplikasian nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang terdapat dalam
kurikulum pendidikan karakter pada siswa di SMP Negeri 3 Walenrang Kab. Luwu.
Dalam konteks penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif
deskriptif, yaitu penelitian yang terbatas pada usaha mengungkapkan suatu masalah
dan keadaan sebagaimana adanya, sehingga hanya merupakan penyingkapan fakta.
Sumber data dalam penelitian ini dibedakan menjadi dua, yaitu sumber data primer
yaitu Kepala Sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam yang ada di SMP Negeri 3
Walenrang Kab. Luwu dan sumber data sekunder yaitu data dalam bentuk dokumen�dokumen yang telah ada serta hasil penelitian yang ditemukan peneliti secara
langsung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya yang dilakukan untuk
menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang terdapat dalam kurikulum
pendidikan karakter di SMP Negeri 3 Walenrang Kab. Luwu yaitu mengadakan
pelatihan tentang kurikulum Pendidikan Agama Islam dan kurikulum Pendidikan
Berkarakter, bekerja sama dengan orang tua siswa dalam membina siswa, dan
meminta dukungan dari tokoh masyarakat dan pemerintah setempat; (2) Faktor yang
menghambat guru dalam menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang
terdapat dalam kurikulum pendidikan karakter pada siswa adalah faktor komunikasi
guru dan siswa dalam proses pembelajaran, tingkat penguasaan guru terhadap
kurikulum pendidikan berkarakter, dan faktor fisik dan psikis siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 05 Jun 2023 23:52
Last Modified: 05 Jun 2023 23:52
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6477

Actions (login required)

View Item View Item