PENERAPAN PENDIDIKAN ANAK SEJAK DINI DALAM KELUARGA UNTUK MEMPERSIAPKAN GENERASI ISLAM YANG BERKUALITAS DI DESA TAROBOK KECAMATAN BAEBUNTA KABUPATEN LUWU UTARA

Sahril M, Sahril M (2012) PENERAPAN PENDIDIKAN ANAK SEJAK DINI DALAM KELUARGA UNTUK MEMPERSIAPKAN GENERASI ISLAM YANG BERKUALITAS DI DESA TAROBOK KECAMATAN BAEBUNTA KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Sahril M.pdf] Text
Sahril M.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Sahril M., 2012. “Peranan Pendidikan Anak Sejak Dini dalam Keluarga
untuk Mempersiapkan Generasi Islam yang Berkualitas di Desa
Tarobok Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara Utara”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi
Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo Jurusan Tarbiyah.
Pembimbing (I) Drs. Hisban Thaha, M.Ag., dan Pembimbing (II)
Taqwa, S.Ag., M.Pd.I.
Kata Kunci : Pendidikan Anak Sejak Dini, Generasi Islam, Desa Tarobok
Skripsi ini membahas tentang pendidikan anak sejak dini dalam
keluarga untuk mempersiapkan generasi Islam yang berkualitas di Desa
Tarobok Kec. Baebunta Kab. Luwu Utara, penelitian ini mengangkat
permasalahan 1). Pentingnya pendidikan anak sejak dini diterapkan dalam
keluarga, 2). Pendidikan anak sejak dini guna mempersiapkan generasi Islam
dan 3). Hambatan-hambatan yang ada dalam keluarga dalam konteks
pendidikan anak sejak dini.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang
digunakan untuk mengumpulkan berbagai macam alternatif dari objek yang
dikaji, yakni 1). Observasi, pengumpulan data yang dilakukan di lapangan
dengan jalan pengamatan dan pencatatan, 2). Wawancara, berupa tanya jawab,
3) Dokumentasi, atau pengumpulan bukti-bukti berupa kutipan atau bahasan
referensi, kemudian hasil olahan tersebut dijadikan acuan dasar untuk
menganalisa secara kualitatif terhadap suatu permasalahan yang telah
dirumuskan sebelumnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua terhadap
pendidikan anak usia dini, di Desa Tarobok dengan melalui bimbingan,
memberi perhatian, kasih sayang serta menerapkan nilai-nilai dasar
pendidikan Islam ke dalam jiwa anak yang masih usia dini, serta pendidikan
dan tuntunan agama Islam terhadap anak sejak dini dapat diterapkan oleh para
orangtua dalam rumah tangga di Desa Tarobok melalui metode, ta’lim,
metode tagriib, metode targhiib, metode tahliil, metode tarwiih.
Mengajarkan atau mendidik anak dan menanamkan nilai-nilai
pendidikan Islam sejak dini dalam diri anak khusus akhlak dan kepribadian
anak sebagai tujuan untuk membentuk generasi Islam yang berkualitas dimasa
yang akan datang. Anak adalah generasi pelanjut yang merupakan potensi
negara di masa datang yang sangat diharapkan peranannya sebagai pemuda
yang siap melanjutkan perjuangan untuk mencapai tujuan dan cita-cita
bangsa. Karena itu pendidikan keagamaan bagi anak harus dimulai sejak dini.
Dalam hal ini tentu saja peranan orang tua dalam pelaksanaan pendidikan
keagamaan anak-anak anak baik di kalangan lingkungan masyarakat maupun
di ingkungan keluarganya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 06 Jun 2023 00:37
Last Modified: 06 Jun 2023 00:37
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6478

Actions (login required)

View Item View Item