MANAJEMEN SEKOLAH DALAM MENANAMKAN KONSEP DIRI PADA PESERTA DIDIK DI SMPN 2 WOTU

JUSRI, FITRI RAHMADANI (2023) MANAJEMEN SEKOLAH DALAM MENANAMKAN KONSEP DIRI PADA PESERTA DIDIK DI SMPN 2 WOTU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of FITRI RAHMADANI JUSRI.pdf] Text
FITRI RAHMADANI JUSRI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Fitri Rahmadani Jusri, 2023. “ Manajemen sekolah dalam menanamkan konsep
diri pada peserta didik di SMP Negeri 2 Wotu”. Skripsi Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegeruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Taqwa dan
Firman Patawari
Skripsi ini membahas tentang manajemen sekolah dalam menanamkan
konsep diri pada peserta didik di SMP Negeri 2 Wotu. Penelitian ini bertujuan
untuk Mengetahui gambaran pemahaman konsep diri peserta didik di SMP Negeri
2 Wotu; Untuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan konsep diri Peserta
didik di SMP Negeri 2 Wotu, dan untuk mengetahui tantangan dan peluang guru
dalam menanamkan konsep diri peserta didik di SMP Negeri 2 Wotu.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitin ini yaitu penelitian
kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bimbingan konseling,
guru wali kelas dan peserta didik. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dan
studi dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama, Pemahaman konsep
diri peserta didik di SMP Negeri 2 Wotu yaitu masih banyak peserta didik yang
belum paham akan konsep diri yang dimilikinya. Seperti masih ada peserta didik
yang mengasingkan diri, merasa tidak percaya diri akan kemampuan yang dia
miliki, dan seringkali membanding-bandingkan kemampuannya dengan
kemampuan orang lain. Kedua, strategi yang dilakukan oleh guru yaitu
meciptakan kelas menyenangkan dan tidak menegangkan, memberikan motivasi,
memberikan penghargaan, dan memanggil peserta didik yang malu. Ketiga
Peluang dalam menanamkan konsep diri peserta didik yaitu, kepala sekolah
memiliki kompotensi yang memadai dalam mendukung menanamkan konsep diri
peserta didik, guru memiliki potensi yang memadai dan mendukung, dan sekolah
memiliki dokumen program dan bimbingan konseling. Sedangkan tantanganya
adalah Sekolah memiliki kurikulum yang tidak memberikan jam khusus untuk
guru Bk dalam mendukung menanamkan konsep diri peserta didik, Guru Bk
memiliki komitmen rendah dalam mendukung menanamkan konsep diri peserta
didik, sekolah tidak memiliki ruangan khusus yang mendukung dalam
menanamkan konsep diri peserta didik.
Kata Kunci : Manajemen Sekolah, Peserta Didik, Konsep Dir

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 06 Jun 2023 00:16
Last Modified: 06 Jun 2023 00:16
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6479

Actions (login required)

View Item View Item