Studi Perbandingan Daya Serap Tamatan SD dan MI dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Agama Islam di MTs. Lamasi Kabupaten Luwu

Derajat, Wahyu (2012) Studi Perbandingan Daya Serap Tamatan SD dan MI dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Agama Islam di MTs. Lamasi Kabupaten Luwu. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Wahyu Derajat.pdf] Text
Wahyu Derajat.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Derajat, Wahyu. 2012, Studi Perbandingan Daya Serap Tamatan SD dan MI
dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Agama Islam di MTs.
Lamasi Kabupaten Luwu. Skripsi. Program Studi PAI Jurusan
Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Palopo,
Pembimbing (I) Drs. Hasri, M.A., (II) Dra. Fatmaridah, M.Ag.
Kata Kunci : Daya Serap SD dan MI dalam Pembelajaran PAI
Skripsi ini membahas tentang kemampuan anak tamatan SD
memahami pendidikan Agama Islam dan potensi (kecerdasan) anak tamatan MI
apakah lebih tinggi dari anak tamatan SD. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kemampuan anak tamatan SD dalam memahami pendidikan agama
Islam, serta untuk melihat perbandingan (kecerdasan) antara anak tamatan SD dan
MI dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, maka penulis menggunakan
metode kepustakaan sebagai landasan teori dan metode lapangan melalui
interview, observasi dokumentasi. Dan berdasarkan data yang diperoleh baik
berupa hasil interview, observasi, tes obyektif dan dokumentasi (daftar nilai
siswa). Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah guru sebanyak 14 orang,
dan siswa-siswi MTs. Lamasi, Kabupaten Luwu sebanyak 35 orang, adapun
teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purpossive sampling atau
pengambilan sampel berdasarkan tujuan tertentu.
Melalui hasil penelitian ynag diperoleh, maka dapat dijelaskan
kemampuan dan kemauan guru untuk dapat lebih memahami karkateristik dan
latar belakang siswa sangat berperan dalam melakukan perubahan pola pikir, pola
sikap dan tingkah laku para siswa, dan tingkat kemampuan pemahaman serta
potensi siswa antara anak tamatan SD maupun MI pada dasarnya sama dan tidak
ada perbedaan yang signifikan. Melalui hasil penelitian yang diperoleh diharapkan
agar dalam proses belajar mengajar untuk dapat lebih kreatif dan lebih menyelami
karakter siswa sehingga dapat melakukan pola pengajaran yang tepat bagi anak
tamatan SD dalam melakukan perubahan tingkah laku dan pola pikir.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:19
Last Modified: 06 Jun 2023 02:19
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6496

Actions (login required)

View Item View Item