STUDI TENTANG EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SDN 35 PAMMANU

Hernawati, Hernawati (2010) STUDI TENTANG EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SDN 35 PAMMANU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Hernawati.pdf] Text
Hernawati.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Hernawati, 2010. Studi Tentang Efektivitas Pembelajaran dalam Bidang Studi
Pendidikan Agama Islam Siswa SDN 35 Pammanu, Skripsi Program
Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Jurusan Tarbiyah. Pembimbing
(I) Sukirman Nurdjan, S.S., M.Pd., Pembimbing (11) Ratna Umar,
S.Ag., M.H.I.
Kara Kunci : Efektivitas Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam.
Skripsi ini mengkaji tentang efeketivitas pembelajaran Pendidikan Agama
Islam (PAI) yang diterapkan di Sekolah Dasar negero (SDN) 35 Pammanu
Kecamatan Belopa Kabupaten Luwu. Penelitian ini mengangkat permasalahan 1)
Bagaimana gambaran efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 35
Pammanu, 2) Apa faktor pendukung dan penghambat penerpaan efektivitas
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 35 Pammanu.
Penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan deskritif kualitatif
dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa yang diambil secara acak. Instrumen yang
diaunakan adalah catatan observasi, pedomyan wawancara, dan daftar angket. Teknik
analisis datanya induktif, deduktif, dan persentasi.
Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa: 1)Efektivitas pembelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) 35 Pammanu
Kecamatan Belopa Kabupaten Luwu difokuskan pada tiga aspek yakni. a) tahap
perencanaan meliputi pengkajian terhadap kurikulum dan tujuan pembelajaran PAL
menentukan metode pembelajaran, dan menentukan media pembelajaran. b, tahap
pelaksanaan meliputi efektivitas pada pembukaan, pelaksanaan PBM dan penutup
akhir pembelajaran, c) tahap evaluasi dengan menerpakan efektivitas pada penis
bentuk tes, pertanyaan dan soal-soal, 2) Faktor pendukung pelak-san pembelajaran
PAI yakni a) dukungan kurikulum KTSP. keikhlasan guru dalam mengajar.
Sementara itu, fi-1efektivitas pembelajaran PAI yakni: a) sebahagian fasilitas dan
sarana pembelajaran di sekolah masih minim, b) bimbingan orang tua masih minim

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 07 Jun 2023 07:18
Last Modified: 07 Jun 2023 07:18
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6524

Actions (login required)

View Item View Item