PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA SUMBER ENERGI TERINTEGRASI AYAT AYAT AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS IV MIN 1 LUWU TIMUR

SANTRI, WINDA NUR (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA SUMBER ENERGI TERINTEGRASI AYAT AYAT AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS IV MIN 1 LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of WINDA NUR SANTRI.pdf] Text
WINDA NUR SANTRI.pdf

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK
Winda Nur Santri, 2022, “Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik
Subtema Sumber Energi Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur‟an pada Siswa
Kelas IV MIN 1 Luwu Timur”. Skripsi program Studi dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Pembimbing (1) Alia Lestari dan
Pembimbing (2) Mustafa.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan modul pembelajaran tematik
subtema sumber energi terintegrasi ayat-ayat Al-Qur‟an pada siswa kelas IV MIN
1 Luwu Timur. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui analisis kebutuhan
modul pembelajaran tematik subtema sumber energi pada siswa IV MIN 1 Luwu
Timur; Untuk mengetahui prototype dari modul pembelajaran tematik subtema
sumber energi terintegrasi ayat-ayat Al-Qur‟an pada siswa kelas IV MIN 1 Luwu
Timur; Untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan modul pembelajaran tematik
subtema sumber energi terintegrasi ayat-ayat Al-Qur‟an pada siswa kelas IV MIN
1 Luwu Timur. Penelitian ini menggunakan penelitian dengan metode Research &
Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri
dari lima tahap, yaitu: (1) tahap analysis, (2) tahap design, (3) tahap development,
(4) tahap implementation, (5) tahap evaluation. Penelitian ini dilakukan pada
siswa kelas IV MIN 1 Luwu Timur, bertindak sebagai subjek penelitian adalah
peserta kelas IV B dengan jumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket validasi dan angket respon.
Hasil validasi oleh ahli materi & desain sebesar 84% dengan kategori sangat
valid, hasil validasi oleh ahli ayat-ayat Al-Qur‟an sebesar 92,85% dengan kategori
sangat valid, hasil validasi oleh ahli bahasa sebesar 81,14% dengan kategori
sangat valid. Sedangkan untuk mengetahui kepraktisan modul dalam penelitian ini
menggunakan angket respon siswa dengan memperoleh presentase 82,87%
dengan tingkat kategori sangat praktis.
Kata Kunci : Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik, Terintegrasi
Ayat-Ayat Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 08 Jun 2023 01:02
Last Modified: 08 Jun 2023 01:02
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6532

Actions (login required)

View Item View Item