PERANAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 9 PALOPO

Simak, Husniati (2010) PERANAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 9 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Husniati Simak.pdf] Text
Husniati Simak.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Simak, Husniati, 2010. “Peranan Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan
Kualitas Pendidikan di SMP Negeri 9 Palopo”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. M.
Said Mahmud, Lc., MA., dan Pembimbing (II) Drs. Syamsu Sanusi, M.Pd.I.,
Kata Kunci: Profesionalisme Guru, Kualitas Pendidikan, SMP Negeri 9 Palopo

Skripsi ini membahas tentang peranan profesionalisme guru dalam
meningkatkan kualitas pendidikan di SMP Negeri 9 Palopo di mana penelitian ini
memadukan berbagai macam metode dalam penelitian dikaji dengan menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif dan pada saat penelitian dilakukan para responden
perlu memiliki persepsi, penghayatan, pengalaman dan penilaian tertentu yang
merefleksikan persepsi tersebut terhadap semua aspek kegiatan dan keadaan di
sekolah tersebut.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan untuk
mengumpulkan berbagai macam alternatif jawaban dari objek yang dikaji, yakni 1).
observasi, 2) wawancara, 3) angket, kemudian selanjutnya keseluruhan data tersebut
dianalisis secara kualitatif yaitu data yang dikumpulkan dan diolah secara kualitatif
dengan menggunakan tabel-tabel sederhana kemudian hasil olahan tersebut dijadikan
acuan dasar untuk menganalisa secara kualitatif terhadap suatu permasalahan yang
telah dirumuskan sebelumnya dan memberikan gambaran profesionalisme guru
dalam peningkatan kualitas pendidikan dan hasil analisis berbentuk tabel frekuensi
dan persentase.
Hasil penelitian ini dapat menentukan usaha untuk meningkatkan kualitas
pendidikan terhadap siswa di SMP Negeri 9 Palopo yakni (1) Memancing aspirasi
anak didik, (2) Mengaktifkan siswa dalam proses belajar mengajar, (3) Mempariasi
pengelolaan kelas, (4) Melayani perbedaan individu siswa serta (5) Meningkatkan
interaksi belajar. Hal tersebut dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan belajar
siswa sudah berada pada tahap pendekatan kepada siswa (psikologi, paedagogis,
sosiologis, individual), untuk memahami kondisi siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.12 Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 09 Jun 2023 01:17
Last Modified: 09 Jun 2023 01:17
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6542

Actions (login required)

View Item View Item