STRATEGI GURU AGAMA ISLAM UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT SISWA DALAM BACA TULIS AL-QUR’AN KELAS XI DI MAN PALOPO

Isranita, Isranita (2010) STRATEGI GURU AGAMA ISLAM UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT SISWA DALAM BACA TULIS AL-QUR’AN KELAS XI DI MAN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Isranita.pdf] Text
Isranita.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Isranita, 2010, Strategi Guru Agama Islam Untuk Mengembangkan Minat Siswa
dalam Baca Tulis al-Qur’an Kelas XI di MAN Palopo. Program Studi
Pendidikan Agama Islam(PAI) Jurusan Tarbiyah Pembimbing (I) Dra. St.
Marwiyah, M.Ag., (II) Dra. Baderiah, M.Ag.
Kata Kunci: Strategi Guru, Minat Siswa, Baca Tulis al-Qur’an, Kelas XI MAN
Palopo
Skripsi ini berkenaan dengan studi mengenai strategi guru agama Islam untuk
mengembangkan minat siswa dalam baca tulis al-Qur’an kelas XI di MAN Palopo.
Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) Strategi guru agama Islam dalam
penbelajaran baca tulis al-Qur’an kelas XI di MAN Palopo; (2) Kendala yang
dihadapi guru dalam menggunakan strategi untuk mengembangkan minat siswa
dalam baca tulis al-Qur’an kelas XI di MAN Palopo.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan desain penelitian deskriftif, yaitu
data yang diperoleh di lapangan akan dipaparkan dengan gambaran situasi dan
kondisi yang diteliti dalam bentuk uraian analitik. Populasi penelitian ini adalah guru
Pendidikan Agama Islam di MAN Palopo dan sebagian siswa-siswi kelas XI dengan
jumlah sampel 30 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket.
Angket ini menyajikan dua alternatif : ya dan tidak serta wawancara. Data dianalisis
dengan menggunakan penyajian gambar/deskripsi tentang data yang ada.
Berdasarkan penelitian dan hasil analisis data dapat dikemukakan bahwa
strategi guru agama Islam untuk mengembangkan minat siswa siswa dalam baca tulis
al-Qur’an diantaranya menggunakan metode ceramah dengan persentase 75%,
menggunakan metode demonstrasi dengan persentase 75%, sering memberikan tugas
dengan persentase 50%, melakukan pendekatan saat proses belajar dan memberikan
motivasi kepada siswa dengan persentase 100%, menyuruh siswa membaca atau
menulis al-Qur’an dengan persentase 75%. Kendala yang dihadapi guru dalam
menggunakan strategi yaitu siswa tidak bisa baca tulis al-Qur’an, sama sekali tidak
mengenal huruf-huruf hijaiyah, perlu pemberian metode iqra’ untuk memudahkan
baca tulis al-Qur’an, serta tajwid atau cara baca al-Qur’an masih sangat kurang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 09 Jun 2023 01:26
Last Modified: 09 Jun 2023 01:26
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6545

Actions (login required)

View Item View Item