PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SISWA DI MI ISTIQAMAH SALU MAKARRA KECAMATAN BUPON KABUPATEN LUWU

Juhri, Juhri (2010) PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SISWA DI MI ISTIQAMAH SALU MAKARRA KECAMATAN BUPON KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Juhri.pdf] Text
Juhri.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Juhri, 2010 “Peranan guru dalam meningkatkan Kualitas siswa di mi istiqamah Salu
Makarra Kecamatan Bupon Kabupaten Luwu”. Di bawah bimbingan (I)
Drs. H. Bulu K, M.Ag. (II) Dra. St. Marwiyah, M.Ag.
Kata Kunci: Peranan guru dalam meningkatkan kualitas siswa, MI Istiqamah Salu
Makarra.
Sesuai dengan judul skripsi ini, maka dalam menyelesaikan penulisan karya
tulis ilmiah ini mengangkat permasalahan pokok yaitu Peranan guru dalam
meningkatkan Kualitas siswa di mi istiqamah Salu Makarra Kecamatan Bupon
Kabupaten Luwu, kemudian diikuti oleh tiga sub permasalahan yaitu; pertama,
Bagaimana keadaan proses belajar mengajar di MI Istiqamah Salu Makarra, kedua,
bagaimana peran seorang guru sebagai pendidik dalam rangka meningkatkan mutu
peserta didik dan ketiga, apa hambatan yang dijumpai dalam rangka meningkatkan
peserta didik di MI Istiqamah Salu Makarra.

Untuk memperoleh jawaban dari permasalahan yang dikemukakan, penulis
menggunakan berbagai instrumen untuk memperoleh informasi yang berkaitan
dengan permasalahan, diantaranya, questioner, angket, observasi dan dokumentasi
tertulis.
Dengan menggunakan beberapa instrumen ini, maka hasil penelitian
membuktikan bahwa dalam melaksanakan strategi belajar mengajar di dalamnya
terdapat pokok-pokok yang harus diperhatikan oleh guru, yaitu harus mengetahui dan
memahami tugas guru untuk dapat menumbuhkan semangat belajar siswa guna
mendapat hasil yang maksimal, serta memperhatikan faktor-faktor yang bisa
meningkatkan prestasi belajar siswa.
Berangkat dari penjelasan tersebut, maka penulis mencoba untuk
mengangkat permasalahan ini ke dalam bentuk karya ilmiah untuk mencari solusi
melalui pendekatan-pendekatan dan strategi dalam menghadapi siswa.
Data- data yang diperoleh dari berbagai referensi diberikan interpretasi, kritik
kemudian mengadakan rekontruksi sehingga dapat diambil suatu kesimpulan bahwa
perlu adanya strategi guru dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan
kualitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:13
Last Modified: 09 Jun 2023 02:13
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6546

Actions (login required)

View Item View Item