PENGARUH AKTIVITAS TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SDN NO. 009 TARUE KEC. SABBANG KAB. LUWU UTARA

Jumiati, Jumiati (2011) PENGARUH AKTIVITAS TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SDN NO. 009 TARUE KEC. SABBANG KAB. LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Jumiati.pdf] Text
Jumiati.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Jumiati, 2011. “Pengaruh Aktivitas Taman Pendidikan Al-Qur’an terhadap
Pendidikan Agama Islam pada Siswa SDN No. 009 Tarue Kec. Sabbang
Kab. Luwu Utara”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Jurusan Tarbiyah. Pembimbing (I) Dra. Hj. Ramlah M., M.M. dan
Pembimbing (II) Ilham, S.Ag., M.A.
Kata Kunci : Aktivitas Taman Pendidikan Al-Qur’an, Pendidikan Agama Islam
Skripsi ini membahas tentang pengaruh aktivitas taman pendidikan al-qur’an
terhadap pendidikan agama Islam pada siswa SDN No. 009 Tarue Kec. Sabbang Kab.
Luwu Utara, di mana penelitian ini memadukan berbagai macam metode dalam
penelitian dikaji dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan pada saat
penelitian dilakukan para responden perlu memiliki persepsi, penghayatan,
pengalaman dan penilaian tertentu yang merefleksikan persepsi tersebut terhadap
semua aspek kegiatan dan keadaan keagamaan siswa di sekolah tersebut.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan untuk
mengumpulkan berbagai macam alternatif jawaban dari objek yang dikaji, yakni 1).
Observasi, di mana penulis mengadakan pengamatan langsung terhadap obyek
penelitian untuk memperoleh informasi. 2). Wawancara, yaitu suatu instrumen
penelitian melalui pendekatan individu, berupa tanya jawab langsung terhadap
beberapa informan, 3). Dokumentasi adalah pengumpulan data yang dilakukan oleh
peneliti dengan cara terjun langsung ke lapangan guna mengumpulkan data-data yang
berhubungan dengan permasalahan, 4). Angket, di mana penulis menyiapkan daftar
pertanyaan yang diberikan kepada semua responden yang nantinya menghasilkan
jawaban yang nantinya menjadi dasar dari penelitian. Kemudian keseluruhan data
tersebut dianalisis secara kualitatif yaitu data yang dikumpulkan dan diolah secara
kualitatif dengan menggunakan tabel-tabel sederhana kemudian hasil olahan tersebut
dijadikan acuan untuk menganalisa secara kualitatif terhadap permasalahan yang
telah dirumuskan sebelumnya dan memberikan gambaran mengenai aktivitas TPA al�Qur’an terhadap pendidikan agama Islam pada siswa dan hasil analisis berbentuk
tabel frekuensi dan tabel persentase.
Hasil penelitian ini rangkaian tujuan yang ingin dicapai guru yaitu
mengembangkan aspek kecerdasan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa dalam
proses belajar-mengajar, dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan agama Islam
pada lembaga-lembaga pendidikan, serta kemampuan siswa pada tiap pokok
pembahasan dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan penghayatan
dalam upaya peningkatan kualitas keyakinan dan penghayatan dalam proses belajar�mengajar pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 09 Jun 2023 05:50
Last Modified: 09 Jun 2023 05:50
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6553

Actions (login required)

View Item View Item