PENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN TERHADAP EFEKTIFITAS PENGAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 587 MATALUNTUN KABUPATEN LUWU

Yasir, Megawati (2010) PENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN TERHADAP EFEKTIFITAS PENGAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 587 MATALUNTUN KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Megawati Yasir.pdf] Text
Megawati Yasir.pdf

Download (1MB)

Abstract

A B S T R A K
Yasir, Megawati., 2010, Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan terhadap
Efektifitas Pengajaran Guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri
587 Mataluntun Kabupaten Luwu. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama
Islam Negeri (STAIN) Palopo. Drs. H. Bulu Kanro, M.Ag.
pembimbing I dan Dra. Hj. A. Riawarda, M.Ag. pembimbing II.
Kata kunci : Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Efektifitas Pengajaran Guru.
Skripsi ini membahas tentang penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan
terhadap efektifitas pengajaran guru pendidikan agama Islam di SD Negeri 587
Mataluntun Kabupaten Luwu. Penelitian ini menggunakan variabel tunggal, yaitu
Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan terhadap Efektifitas Pengajaran
Guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan
data, yakni observasi, interview, angket, dan dokumentasi. Pendekatan yang
digunakan yakni induktif, deduktif, komparatif, dan Interpretatif, Selanjutnya data
disajikan dalam bentuk deskriptip persentase.
Penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) adalah dengan
menyusun program tahunan, semesteran, mingguan dan harian, pengayaan atau
remedial, dan program pengembangan diri yang disusun dan dikoordinasikan dengan
guru-guru untuk mendiagnosis kemampuan dan perkembangan siswa. Program
tersebut dirancang secara sistematis dan disesuaikan dengan kondisi siswa dan
sumber daya yang dimiliki oleh SD Negeri 587 Mataluntun Kabupaten Luwu.
Efektifvitas pengajaran guru PAI setelah di terapkan KTSP, Dari hasil
analisis data angket yang telah diberikan kepada guru di SD Negeri 587 Mataluntun,
maka dapat diperoleh hasil sebagai berikut: Tingkat pendidikan guru dan
pengaruhnya terhadap kemampuan dalam mengelola pembelajaran adalah 62,5%
menjawab bahwa antara tingkat pendidikan dan profesionalitas berkaitan erat, dan
37,5 % menjawab tidak. Kemudian 100% guru SD Negeri 587 Mataluntun selalu
mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pengajaran (RPP) sebagai penjabaran dari
KTSP. Selanjutnya 62,5% guru SD Negeri 587 Mataluntun menggunakan metode
pembelajaran secara variatif. Dan 37,5% masih secara tradisional menggunakan
metode ceramah secara monoton. Berkenaan dengan fasilitas pendukung, 62,5%
guru yang menggunakan media dan fasilitas pendukung dalam pembelajaran, serta
37,5% guru yang menjawab bahwa fasilitas tidak mendukung. Sedangkan berkaitan
dengan kesejahteraan yang mereka terima, 62,5 % guru menjawab bahwa antara
kesejahteraan yang mereka terima dengan motivasi mengajar sangat berkaitan erat,
sedangkan 37,5 % menjawab tidak. Adapun faktor-faktor pendukung dan
penghambat penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan terhadap efektifitas
pengajaran guru pendidikan agama Islam di SD Negeri 587 Mataluntun Kabupaten
Luwu adalah: dukungan kurikulum itu sendiri, kekompakan guru, keikhlasan dan
semangat pengabdian, terutama guru honorer. Sedangkan faktor penghambat adalah
xi
fasilitas yang masih minim, bimbingan orang tua di rumah masih minim, masih
banyak siswa rendah motivasi belajarnya, dan perkembangan informasi global
mempengaruhi kepribadian siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 09 Jun 2023 07:28
Last Modified: 09 Jun 2023 07:28
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6563

Actions (login required)

View Item View Item