Upaya Pembina si SMA PMDS Kota Palopo dalam Pengembangan Kemandirian Belajar Siswa

Murni, Murni (2010) Upaya Pembina si SMA PMDS Kota Palopo dalam Pengembangan Kemandirian Belajar Siswa. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Murni.pdf] Text
Murni.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Murni, 2010. Upaya Pembina si SMA PMDS Kota Palopo dalam Pengembangan
Kemandirian Belajar Siswa. Skripsi program studi pendidikan agama
Islam Jurusan tarbiyah. Pembimbing (I) Drs. Syarifuddin D, M.A (II)
Mawardi, S.Ag, M.PD.I
Kata Kunci :Upaya Guru, Kemandirian Belajar Siswa.
Skripsi ini membehas tentang Uapaya Pembina di SMA PMDS Putri Kota
Palopo dalam Pengembangan Kemandirian Belajar Siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (I) Upaya guru pendidikan
agama Islam terhadap pengembangkan kemandirian belajar siswa di SMA PMDS
Putri Kota Palopo. (2) Apa yang menjadi hambatan guru pendidikan agama Islam
dalam menumbuhkan kemandirian siswa di SMA PMDS Putri Kota Palopo
Dalam penelitian ini, penulis menngunakan desai penelitian deskriptif
kualitatif yaitu berusaha menggambarkan dan menguraikan pemecahan masalah
yang ada berdasarkan teknik analisis deskriptif. Menurut pendekatannya,
penelitian ini menggunakan pendekatan psikologis.
Berdasarkan hasil penelitian skripsi ini, dapat dikemukakan bahwa: guru
selalu memberikan tugas individu kepada siswanya dengan presentasenya 90,9%,
guru selalu membagi siswa dalam kelompok belajar dengan presentasenya 60,6
%, dalam belajar siswa menggunakan buku paket dengan presentasenya 90,9%,
terdapat sarana dan prasarana yang dapat mendukung proses mengajar dengan
presentasenya 60,6%, guru memberi tugas kelompok kepada siswanya dengan
presentasenya 90,9%, siswa membaca buku di perpustakaan sekolah dengan
presentasenya 60,6%. Jadi, kemandirian siswa dapat dicapai dalam berbagai hal
yaitu guru selalu memberikan tugas agar siswa dapat belajar secara mandiri dalam
menyelesaikan masalah dan mencari jawaban dari tugasnya tersebut, sehingga
siswa benar-benar dapat belajar mandiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 09 Jun 2023 07:55
Last Modified: 09 Jun 2023 07:55
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6566

Actions (login required)

View Item View Item