KEMAMPUAN SISWA SDN NO. 147 LABBU KECAMATAN MALANGKE BARAT KABUPATEN LUWU UTARA TERHADAP PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

ST. Halimah, ST. Halimah (2010) KEMAMPUAN SISWA SDN NO. 147 LABBU KECAMATAN MALANGKE BARAT KABUPATEN LUWU UTARA TERHADAP PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ST. Halimah.pdf] Text
ST. Halimah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
ST. Halimah, 2010. “Kemampuan Siswa SDN No. 147 Labbu Kecamatan Malangke
Barat Kabupaten Luwu Utara Terhadap Pelajaran Pendidikan Agama
Islam”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah.
Pembimbing I Dra. Hj. Hurriyah Said, M.Sos.I. dan Pembimbing II Dra.
Baderiah, M.Ag.
Kata Kunci: Kemampuan Siswa, Pelajaran Pendidikan Agama Islam,
SDN No. 147 Labbu
Skripsi ini membahas tentang kemampuan siswa SDN No. 147 Labbu
kecamatan Malangke Barat kabupaten Luwu Utara terhadap pelajaran pendidikan
agama Islam. Dan hasil penelitian yang penulis peroleh bahwa dalam proses interaksi
murid di mana kemampuan siswa terhadap pelajaran pendidikan agama Islam sangat
efektif, ini terlihat di mana siswa telah terlibat secara aktif dalam proses belajar
mengajar khususnya pada sebuah mata pelajaran agama Islam minat serta perhatian
siswa diusahakan oleh guru semaksimal mungkin.. Hal ini sudah dapat penulis
buktikan para siswa selalu berusaha untuk mengetahui dan melaksanakan lebih
banyak yang berhubungan dengan materi pelajaran baik melalui tanya jawab, diskusi,
dan sebagainya.
Penelitian ini dilaksanakan dengan perpaduan antara teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi, yang ketiganya dipadukan dalam ruang pola analisa
data yang di analisis secara kualitatif dengan memaknai data-data yang dapat
disajikan. Analisis kualitatif ini dinyatakan dalam sebuah predikat yang menunjuk
pada pernyataan keadaan ukuran kualitas, terlebih peneliti pada saat melakukan
penelitian di lapangan, maupun sebelum melakukan penelitian lapangan sebagai
instrument penelitian, peneliti memiliki subjektivitas dalam, memahami suatu,
kondisi, oleh karena itu dilakukan wawancara lanjutan dengan seluruh responden.
Selanjutnya dalam penelitian ini dihasilkan mampu memberi keterangan
secara signifikan tentang kemampuan siswa terhadap materi pelajaran pendidikan
agama Islam yang senantiasa dapat mengolah karakteristik individu para siswa yang
mengemukakan hasil proses pembelajaran, bahwa senantiasa kemampuan siswa
dalam pelajaran pendidikan agama Islam, tidak terlepas dari pola pengajaran guru itu
sendiri, sejauhmana penerapan strategi belajar mengajar yang diterapkan oleh sang
pendidik, sejauh itupula sang murid akan yang mengacu kepada kegiatan belajar
mengacu pada kegiatan guru. Belajar adalah proses perubahan tingkah laku seseorang
berkat pengalaman dan latihan, sedangkan mengajar adalah usaha memberikan
bimbingan kepada siswa dalam belajar. Dalam proses belajar mengajar tersebut harus
terdapat interaksi agar prestasi belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 12 Jun 2023 06:29
Last Modified: 12 Jun 2023 06:29
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6575

Actions (login required)

View Item View Item