PENERAPAN HUKUMAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERILAKU SISWA PADA SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) No. 136 CENDANA HIJAU KECAMATAN WOTU KABUPATEN LUWU TIMUR

Kasman, Sukarti (2010) PENERAPAN HUKUMAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERILAKU SISWA PADA SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) No. 136 CENDANA HIJAU KECAMATAN WOTU KABUPATEN LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Sukarti Kasman.pdf] Text
Sukarti Kasman.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Kasman, Sukarti 2010. Penerapan Hukuman dan Implikasinya Terhadap Prilaku
Siswa pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) No. 136 Cendana Hijau Kecamatan
Wotu Kabupaten Luwu Timur, Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Pembimbing (1) Drs.Hj. Naharia Rumpa, M.Pd.I.,
Pembimbing (II), Takdir, S.H.,M.H.
Kata Kunci: Penerapan Huku, Prilaku Siswa
Skrispsi ini urgensi atau pentingnya Penerapan Hukuman dan Implikasinya
Terhadap Prilaku Siswa pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) No. 136 Cendana Hijau
Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur. Penelitian mengangkat dua masalah
pokok; 1) Bagaimana penerapan hukuman terhadap siswa di SDN No. 136 Cendana
Hijau, 2) Bagaimana implikasi penerapan hukuman terhadap prilaku siswa di SDN
No. 136 Cendana Hijau..
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan desain penelitian deksritif
kualitatif yaitu berusaha menguraikan pemecahan masalah yang ada berdasarkan
teknik deskriptif analitis. Untuk memudahkan penelitian ini, peneliti menggunakan
pendekatan paedagogis dan pendekatan psikologis,
Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyimpulkan sebagai berikut:1)
Hukuman yang diberikan kepada anak didik antara lain: a) menghafal, menyalin atau
menulis materi pelajaran, menjawab soal-soal pelajaran, diberikan pekerjaan rumah
tambahan dan lain-lain, b) Prinsip-prinsip yang dipedomani dalam pemberian
hukuman terhadap anak didik yang melakukan pelanggaran adalah: c) Tegas dan
konsisten, d) Dasar pemberian hukuman dibarengi dengan penuh kasih saying, e)
Memperhatikan latar belakang anak didik sebelum menerapkan hukuman, dan f)
Setelah pemberian hukuman diakhiri dengan nasehat, 2) Pemberian hukuman pada
anak didik yang melanggar tata tertib disesuaikan dengan tingkat kesalahan dan
mempunyai nilai edukatif. Ini dimaksudkan supaya anak didik menjadi jera dan tidak
melakukan lagi kesalahan serta mempunyai kesadaran sendiri untuk tidak mengulang
kesalahan lagi. Hukuman yang diberikan akan mampu mengontrol prilaku anak didik
untuk menghindari perbuatan melanggar tata tertib sekolah. Tata tertib itu sendiri
pada dasarnya dibuat supaya anak didik dapat belajar hidup secara teratur dan
mandiri. Baik ketika masih sekolah terlebih lagi setelah mereka terjun ke masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 12 Jun 2023 07:01
Last Modified: 12 Jun 2023 07:01
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6578

Actions (login required)

View Item View Item