PERANAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA DI SDN 619 PAKKALOLO

Sumarni, Sumarni (2008) PERANAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA DI SDN 619 PAKKALOLO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Sumarni.pdf] Text
Sumarni.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
SUMARNI, 2008. Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Pembentukan
Kepribadian Muslim Siswa di SDN 619 Pakkalolo. Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah Pembimbing (1) Drs. H. Fahmi
Damang, M.A. (II) Dra. Baderia, M.A.g.
Kata Kunci : Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Upaya Pembentukan
Kepribadian Muslim Siswa di SDN 619 Pakkalolo
Skripsi ini membahas tentang Peranan Pendidikan Agama Islam
dalam Upaya Pembentukan Kepribadian Muslim Siswa di SDN 619 Pakkalolo.
Adapun yang menjadi pokok permasalahan adalah 1). Bagaimana peranan
pendidikan agama Islam dalam upaya pembentukan kepribadian muslim siswa
SDN 619 Pakkalolo. 2). Bagaimana strategi guru (pendidik) Pendidikan Agama
Islam dalam upaya pembentukan kepribadian muslim siswa di SDN 619
Pakkalolo. 3). Apa yang menjadi faktor penghambat dan upaya guru Pendidikan
Agama Islam dalam pembentukan kepribadian siswa SDN 619 Pakkalolo.
Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Fokus
penelitian Pendidikan Agama Islam dalam Upaya Pembentukan Kepribadian
Muslim Siswa. Sumber data dari penelitian ini didapatkan dari Guru PAI, Kepala
Sekolah, Guru Kelas dan Bidang Studi serta para siswa SDN 619 Pakkalolo
dengan teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara, observasi dan
dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis dapat menyimpulkan : 1)
Pendidikan Agama Islam di SDN 619 Pakkalolo sangat berpengaruh/ berperan
dalam upaya pembentukan kepribadian muslim siswa. 2). Strategi Guru
Pendidikan Agama Islam dalam Upaya Pembentukan Kepribadian Muslim Siswa
adalah menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi dalam penyajian materi
pelajaran dan mengadakan pendekatan berupa komunikasi secara terbuka dengan
orang tua siswa. 3). Faktor penghambat dan Upaya Guru Pendidikan Agama
Islam dalam Pembentukan Kepribadian Siswa di SDN 619 Pakkalolo adalah
kurangnya pendidikan agama dari orang tua terhadap anak, kurangnya jam
Pendidikan Agama Islam, pengaruh dari luar/lingkungan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 12 Jun 2023 07:20
Last Modified: 12 Jun 2023 07:20
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6579

Actions (login required)

View Item View Item