PENGARUH INTENSITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP PRESTASI KERJA GURU PADA MI DARUL ISTIQAMAH LEPPANGANG KECAMATAN PONRANG SELATAN KABUPATEN LUWU

Sabari, Syahruddin (2011) PENGARUH INTENSITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP PRESTASI KERJA GURU PADA MI DARUL ISTIQAMAH LEPPANGANG KECAMATAN PONRANG SELATAN KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Syahruddin Sabari.pdf] Text
Syahruddin Sabari.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Sabari, Syahruddin, 2011. “Pengaruh Intensitas Supervisi Kepala Sekolah
terhadap Prestasi Kerja Guru pada MI Darul Istiqamah Leppangang
Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah. Pembimbing (I) Drs. H.
Muhazzab Said, M.Si. dan Pembimbing (II) Fauziah Zainuddin, S.Ag.,
M.Ag.
Kata Kunci : Intensitas Supervisi Kepala Sekolah, Prestasi Kerja Guru.
Skripsi ini membahas tentang pengaruh intensitas supervisi Kepala Sekolah
terhadap prestasi kerja guru pada MI Darul Istiqamah Leppangang Kecamatan
Ponrang Selatan Kabupaten Luwu, di mana penelitian ini memadukan berbagai
macam metode dalam penelitian dikaji dengan menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif dan pada saat penelitian dilakukan para responden perlu memiliki persepsi,
penghayatan, pengalaman dan penilaian tertentu yang merefleksikan persepsi tersebut
terhadap semua aspek kegiatan dan keadaan di sekolah tersebut.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan untuk
menganalisa data yang ada yakni 1). Riset kepustakaan, yaitu metode yang dilakukan
dalam rangka menghimpun data tertulis, 2). Riset lapangan, yaitu cara
mengumpulkan data melalui penelitian di lapangan dengan tehnik (a). Observasi,
yaitu cara memperoleh data dengan mengadakan pengamatan terhadap objek
penelitian, (b). Angket, yaitu membuat format pertanyaan yang telah disusun
sebelumnya kemudian dibagikan kepada murid untuk mengisi jawaban, (c)
Dokumentasi, yaitu suatu pengumpulan data dengan jalan mencatat secara langsung
dokumen-dokumen yang terdapat pada lokasi penelitian. Kemudian selanjutnya
keseluruhan data tersebut dianalisis secara kualitatif yaitu data yang dikumpulkan dan
diolah secara kualitatif dengan menggunakan tabel-tabel sederhana kemudian hasil
olahan tersebut dijadikan acuan dasar untuk menganalisa secara kualitatif terhadap
suatu permasalahan yang telah dirumuskan sebelumnya dan memberikan gambaran
mengenai intensitas supervisi kepala sekolah dan hasil analisis berbentuk tabel
frekuensi dan tabel persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi kerja guru dalam
melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sudah memadai dalam meningkatkan
prestasi belajar siswa, meskipun masih perlu ditingkatkan lagi, artinya proses
pembelajaran yang telah dilakukan oleh guru adalah sebagian besar sudah terlaksana
dengan baik, kinerja guru yang baik terutama dalam menjalankan tugas dan tanggung
jawab yang diembannya, guru-guru juga mampu bekerja sama dengan baik, namun
masih ada beberapa hal yang masih perlu mendapat perhatian serius dalam rangka
pencapaian tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 12 Jun 2023 07:31
Last Modified: 12 Jun 2023 07:31
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6580

Actions (login required)

View Item View Item