UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MADRASAH ALIYAH AL-MAWASIR KEC. LAMASI KAB. LUWU

Wahyuni, Wahyuni (2010) UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MADRASAH ALIYAH AL-MAWASIR KEC. LAMASI KAB. LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Wahyuni.pdf] Text
Wahyuni.pdf

Download (1MB)

Abstract

A B S T R A K
Wahyuni, 2010, Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Siswa dalam Bidang
Studi Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Aliyah Al-Mawasir. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi
Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing (I) H. Ismail Yusuf, Lc.,
M.Ag. (II) Fauziah Zaenuddin, S.Ag.,M.Ag.
Kata kunci : Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam.
Skripsi ini berjudul upaya peningkatan kualitas pembelajaran siswa dalam
bidang studi pendidikan agama Islam pada madrasah Aliyah Al-mawasir yang
membahas berbagai usaha, metode, dan pendekatan yang dilakukan oleh guru dalam
proses pembelajaran agar kualitas pembelajaran khususnya pendidikan agama Islam
dapat tercapai dengan maksimal.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain penelitian deskriptif
kuantitatif, dengan mengambil populasi guru PAI dan siswa Madrasah Aliyah Al�Mawasir berjumlah 212 orang, dalam penarikan sampel peneliti menggunakan
purposive sampel dengan mengambil sampel guru PAI berjumlah 1 orang dan siswa
kelas XI berjumlah 40 orang. Dalam rangka mendapatkan data yang dibutuhkan,
maka peneliti menggunakan tiga langkah. Pertama, wawancara mendalam, yang
dilakukan kepada pihak-pihak yang terkait dan dinilai memahami masalah yang
dibahas. Kedua, Dokumentasi, yaitu membuka dokumen yang ada pada lembaga
tempat penelitian dan mengambil data yang relevan dengan tulisan. Dan ketiga,
Angket, yaitu upaya mengumpulkan data dengan cara memberikan daftar pertanyaan
kepada responden untuk dijawab berupa jawaban alternanif.
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis melalui berbagai
pendekatan dan metode pengumpulan data yang telah ditentukan, maka peneliti
mengemukakan bahwa. Upaya guru dalam menjadikan proses pembelajaran menjadi
berkualitas dapat diwujudkan walaupun belum pada tarap maksimal, sehingga dengan
usaha guru tersebut proses pembelajaran menjadi lebih menarik karena guru dapat
menerapkan metode yang bervariatif. Dan hal ini juga dapat dilihat melalui hasil
penyebaran angket yang telah diberikan kepada siswa mengenai kualitas
pembelajaran yang mereka dapatkan semakin meningkat. Dan dalam meningkatkan
kualitas pembelajaran guru mendapatkan berbagai macam faktor yang menjadi
pendukung dan penghambat, namun dengan faktor itulah guru berusaha dengan
semaksimal mungkin agar segala faktor dapat dimaksimalkan dan dicarikan solusi
demi tercapainya tujuan pembelajaran yang maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2023 00:10
Last Modified: 13 Jun 2023 00:10
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6581

Actions (login required)

View Item View Item